Tips Memilih Ban Motor Sebelah Luar yang Nyaman

ban motor

Memilih ban motor tidak bisa sembarangan. Pemilihan ban yang sesuai, dapat memberikan keamanan dan kenyamanan berkendara. Dengan begitu risiko kecelakaan dapat diminimalkan.Ban yang sudah tidak layak lagi sebaiknya diganti.

Dikutip dari laman Deik Oto, berikut beberapa saran dalam penggantian ban motor sebelah luar:

Pilih merek ban yang sudah dikenal memiliki reputasi bagus. Ada harga, ada kualitas. Ban dengan merek yang terkenal dan punya banyak peminat, kemungkinan memiliki kualitas produk yang bagus. Meskipun harga mungkin sedikit lebih mahal, sebaiknya pilih ban seperti ini demi kenyamanan dan keamanan berkendara. Reputasi merek dapat pula dilihat dari ikut sertanya merek ban tersebut dalam ajang kompetisi ternama, seperti motoGP.

Tentukan tujuan memilih ban yang akan dipasangkan pada pelek. Ini penting karena ban memiliki spesifikasinya sendiri. Contohnya ada yang dibuat untuk pemakaian harian, turing, hingga offroad. Sehingga ban untuk jenis motor trail berbeda untuk motor matik. Untuk kepentingan offroad lebih disarankan memilih ban dual purpose.

Kenali jenis jalan yang biasa dilewati oleh motor Anda. Lintasan jalan yang dilewati setiap hari juga penting dalam menentukan jenis ban yang dipakai. Untuk jalanan perkotaan lebih cocok memakai jenis ban harian. Ban tipe multi purpose lebih disarankan kalau tinggal di area pegunungan dengan jalan yang naik-turun. Dalam memilihnya, tergantung lebih sering di mana Anda akan beraktivitas.

Sesuaikan ukuran ban dengan besaran pelek. Jika ukurannya tidak tepat maka fungsi ban tidak optimal. Jika begitu, risikonya adalah mempertaruhkan keselamatan dalam berkendara. Ban yang lebih besar dari pelek menyebabkan tidak maksimalnya manuver ketika menikung dan berisiko kecelakaan.

Pilih kembangan dan alur ban yang sesuai. Kembangan dan alur ini bermanfaat sekali saat melintasi jalanan berair agar ban tidak sampai selip. Alur di ban depan harus dibedakan dengan bagian belakang. Fungsi ban depan untuk mengendalikan air di jalanan basah. Ban belakang memberikan kestabilan. Oleh sebab itu, kembangan dan alurnya sebaiknya tidak sama. Misalnya untuk kembangan ban depan alurnya membentuk huruf A, maka ban belakang pilih yang alurnya membentuk huruf V.

Advertisements
Tips Memilih Ban Motor Sebelah Luar yang Nyaman | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better