Tips Memasak Kerang Agar Tak Keracunan

kerang

Kerang termasuk jenis seafood yang lezat dan mengandung banyak gizi, sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Namun jika tak hati-hati mengolah kerang, hidangan ini bisa menimbulkan keracunan bagi penikmatnya.

Untuk menghindari berbagai hal yang tak diinginkan tersebut, ada baiknya Anda perhatikan cara mengolah dan memasak kerang berikut ini, untuk memastikan bahwa kerang yang Anda masak masih sehat dan layak makan.

  • Cangkang harus tidak cacat

Cangkang kerang digunakan untuk melindungi bagian dalam tubuh kerang yang lunak. Jika cangkang dalam kondisi pecah atau retak, maka sebaiknya jangan dimasak. Cangkang yang retak memungkinkan kuman serta bakteri masuk ke dalam dagingnya. Ini berarti kerang sudah tak layak makan.

  • Cangkang dalam keadaan mengatup

Sebaiknya pilih cangkang kerang yang tertutup rapat. Ini menandakan kerang masih hidup dan bereaksi melindungi dirinya. Jika sedikit terbuka, coba sentuh dan lihat reaksinya. Apakah ia menutup atau diam saja. Jika menutup berarti kerang masih sehat.

Cium aroma yang menguar dari kerang. Jika masih segar dan berbau laut, maka kerang sehat dimakan. Namun jika baunya pesing atau busuk, maka jangan konsumsi kerang itu.

Memasak kerang sebaiknya dengan cara direbus atau ditumis. Dengan cara ini Anda bisa perhatikan bagaimana reaksi kerang. Jika cangkangnya yang tadinya tertutup jadi membuka, berarti itu kerang sehat, tidak akan menimbulkan keracunan. Namun jika kerang masih tertutup saja, itu berarti ia sudah mati sejak sebelum dimasak.

Berhati-hati dalam mengolah kerang dapat membuat Anda sekeluarga terhindar dari resiko keracunan. Selamat mencoba.

Advertisements
Tips Memasak Kerang Agar Tak Keracunan | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better