Tips Melindungi Mata di Musim Kemarau

Tips Melindungi Mata di Musim Kemarau

Home

»

Lifestyle

»

Kesehatan

mata biru

Musim kemarau segera datang. Salah satu organ tubuh yang terpengaruh kesehatannya dari panasnya sinar matahari di musim kemarau adalah mata. Mata perlu selalu dilindungi dari keburukan sinar ultraviolet. Unsur dari cahaya matahari ini bisa menimbulkan masalah degenerasi sel mata.

Selain itu, sinar UV merupakan pemicu dari katarak dan mata merah. Dikutip dari Times of India, berikut beberapa cara melindungi mata di musim kemarau:

  1. Kenakan kacamata hitam anti-UV jika keluar rumah. Fungsi kacamata ini mirip tabir surya pada kulit. Lensa kacamata akan menolak sinar UV sehingga tidak sampai menembus ke dalam mata. Sebagai pelengkapnya, Anda bisa mengenakan topi.
  2. Memakai kacamata khusus saat berenang. Air kolam renang sering ditambahkan klorin atau bahan kimia lain untuk membunuh kuman. Cairan ini jika kena mata bisa mengiritasi dan membuat mata berair. Memakai kacatama renang membantu mencegah iritasi ini. Jika mata terlanjur kena air kolam renang dan terasa pedih, segera basuh mata menggunakan air bersih yang mengalir.
  3. Pakai tetes mata. Kalau mata terasa kering di musim kemarau, teteskan saja obat tetes mata yang difungsikan untuk memberikan kelembaban. Pastikan memakai produk tetes mata yang aman.
  4. Hindari terkena udara AC secara langsung. Pendingin udara ini jika anginnya kena mata dapat menimbulkan rasa kering dan sensitive. Cari lokasi duduk lain jika angin dari AC langsung menerpa wajah Anda.

All Rights Reserved © Sidominews 2014

Advertisements
Tips Melindungi Mata di Musim Kemarau | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better