Tips Lebih Dekat dengan Anak untuk Ayah yang Sibuk Bekerja

Ayah tiri

Zaman sekarang sebagian ayah tidak sempat untuk bermain dengan anaknya lantaran bekerja dari pagi sampai malam. Kalau pun pulang sore, kadang terbatasnya intensitas bertemu anak dibatasi oleh berbagai kegiatan di rumah. Walhasil pertemuan ayah dengan anak di rumah yang harusnya berkualitas menjadi kurang tercapai.

Namun kondisi seperti ini sebenarnya masih bisa disikapi. Cara dengan membangun komunikasi dengan jalur tidak langsung, Salah satunya dengan menggunakan media gambar. Misalnya ayah menyapa anaknya lewat gambar saat anak masih tertisur di pagi hari, lalu anaknya pun membalasnya ketika sudah bangun. Dengan begitu secara tidak langsung terjadi kedekatan emosional antara ayah dan anak.

“Bisa pakai media gambar. Ayah pulang anak sudah tidur, buatlah gambar yang sederhana terus tempel di kulkas. Besok paginya anak bangun, ayah sudah berangkat kerja misalnya, dibalas tuh gambarnya sama anak. Kan sudah bentuk komunikasi itu,” kata Anne Gracia, konsultan neurosains terapan, seperti dikutip Detik Health.

Komunikasi juga bisa dijalin dengan beragam cara seperti menggunakan smartphone atau sms. Tapi perlu diwaspadai, jangan sampai anak justru menjalin hubungan komunikasi lebih intens dengan orang lain ketimbang orang tuanya, menggunakan media tersebut. Semakin sering berkomunikasi dengan anak, ayah bisa melakukan fungsi pengawasan dan bimbingan.

“Ayah bisa mengirim SMS atau email ke anak untuk secara tidak langsung memantau perkembangan anaknya. Kan lewat SMS atau email anak juga bisa cerita ke ayahnya apa yang dia lakukan,” tambah Anne.

Sebagai pelengkapnya, komunikasi perlu diintensifkan saat sang ayah libur di akhir pekan bersama anak. Ayah bisa mengajak anak pergi, bermain, dan melakukan berbagai aktivitas bersama. Jangan lupa untuk mengajak anak berdiskusi untuk memancing kekritisannya. Semua aktivitas yang mungkin dianggap sepele bersama anak, bisa berpengaruh hebat buatnya di masa depan sekalipun hanya mengajari anak untuk memberi.

“Sepele memang, tapi kalau dilakukan ini bisa menjadikan weekend ayah dan anak, juga ibu, jadi berkualitas,” ujar Anne

Advertisements
Tips Lebih Dekat dengan Anak untuk Ayah yang Sibuk Bekerja | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better