Tips dan Petunjuk Jitu Cari Beli Mobil Bekas

Saat Anda memiliki rezeki dan berkesempatan untuk membeli mobil bekas, baik mencari informasi di internet ataupun informasi dari mulut ke mulut rekan kerja, ada hal-hal penting yang wajib Anda perhatikan saat cari mobil bekas. Umumnya, yang dilakukan calon pembeli ketika memerika mobil yang ditaksirnya adalah memperhatikan apakah ada penyok di bagian bodi atau ada goresan pada cat mobilnya. Selain itu, juga melakukan uji jalan. Akan tetapi, masih ada hal-hal lain yang harus Anda periksa sebelum menentukan apakah mobil bekas ini pantas Anda miliki. Berikut di antaranya:

mobil bekas berkualitas

  1. Area Mobil Bagian Bawah
    Pengecekan ini bisa Anda lakukan di bengkel yang mempunyai dongkrak hidrolik agar gampang melihat bagian bawah mobil. Bagian bawah ini yang paling sering berkarat. Perhatikan juga jika ada bekas las-lasan atau tambalan. Anda wajib waspada, jangan-jangan untuk menyembunyikan kecacatan?
  2. Bagian Bawah Alas Kaki
    Yang kita cek di sini adalah karpet kaki. Karpet ini sendiri sangat mudah perawatannya. Yang perlu diperhatikan adalah bagian di bawah karpet kaki. Lihat, apakah basah? lembab? atau kering? Jika basah atau lembab, ada kemungkinan terdapat lubang di bodi. Ini tentu berdampak fatal. Selain bawah karpet penumpang dan pengendara, jangan lupa mengecek karpet di bagasi.
  3. Pedal gas, kopling dan rem.
    Speedometer mungkin bisa dimodifikasi sedemikan rupa agar jarak tempuh dimanipulasi. Namun, perhatikan pula pedal kaki yang ada. Apakah sudah aus? Hal serupa juga terlihat pada setir dan kursi yang seiring waktu pemakaian, maka akan semakin tampak terlihat.
  4. Bagian Mesin
    Mesin yang bersih dan berkilap bukan jaminan mesin prima. Caranya, setelah mencoba menjalankan atau berputar-putar di jalan dengan calon mobil, periksa kembali karet-karet serta mur atau baut, apakah ada jejak air atau oli? Baut dan mur juga bisa menjadi indikasi bahwa mobil tersebut pernah mengalami perbaikan mesin atau tidak.
  5. Surat Menyurat
    Yang tidak kalah penting adalah kelengkapan surat kenderaan bermotor. STNK, BPKB, dan jika mungkin riwayat service dll. Jika mobil memiliki service records yang teratur, hampir bisa dipastikan mobil tersebut terawat.

Bagaimana? Sudah siap menentukan pilihan Anda? Oh iya, satu lagi. Lihat pemilik mobil sebelumnya, apakah ini mobil tangan pertama? atau sudah dimiliki lebih dari satu orang sebelumnya? Jika lebih dari satu orang dalam kurun waktu di bawah 5 tahun, Anda wajib berhati-hati.

Advertisements
Tips dan Petunjuk Jitu Cari Beli Mobil Bekas | Silang Hati | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better