Tips Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Bugar

Keadaan cuaca yang tidak menentu serta sulit ditebak seperti sekarang bisa membuat tubuh kita menjadi lebih rapuh dalam menghadapi serangan penyakit. Kita harus pro aktif agar tetap bugar dan sehat meskipun cuaca tidak bisa diperkirakan. Nah, di bawah ini ada beberapa tips cara menjaga kesehatan tubuh di musim cuaca yang selalu berubah – ubah:

tips kesehatan tubuh

Cuci Tangan yang Rajin
Cuci tangan ketika hendak makan, ketika selesai beraktivitas hingga setelah buang air. Kesehatan keluarga sangat penting. Jika punya anak, biasakan sejak dini mereka untuk mencuci tangan karena jika diajarkan sejak kecil, di saat mereka dewasa, pola hidup sehat ini akan membekas dan dilakukan terus – menerus.

Minum Air Putih yang Cukup
Jangan sampai kekurangan air putih di cuaca yang tidak bisa diprediksi. Air putih bisa membantu terhindar dari dehidrasi serta menaikkan metabolisme di tubuh kita. Air juga bisa memperlancar peredaran darah dan oksigen yang ada dalam tubuh.

Rajin Berolahraga
Tidak perlu lama, cukup sebentar, tapi rutin. Olahraga akan membuat tubuh fit bugar sehingga penyakit tidak akan mudah singgah.

Jaga Kebersihan Rumah
Terutama wilayah dapur yang menjadi tempat makanan dibuat dan disajikan untuk keluarga. Pilih sabun cuci yang bisa melawan bakteri di spons cuci piring. Biasakan membuang sampah di tempatnya. Perabotan rumah tangga juga dibersihkan berkala agar tidak menjadi sarang debu, kuman atau bakteri, terutama lantai serta karpet yang paling banyak bersinggungan dengan keluarga di rumah.

Cuci Bersih Sayur, Buah dan Bahan Makanan yang lain
Karena makanan yang tepat bisa membuat sistem imun (kekebalan) tubuh kita menjadi lebih kuat, tentu cara penyajiannya juga harus bersih. Sayur, buah dan bahan makanan lain seperti ikan, daging hendaknya juga di cuci sebelum di masak.

Tidur dan Beristirahat
Setelah seharian beraktivitas, istirahatkan tubuh Anda agar tetap prima dan terhindar dari penyakit. Pastikan seluruh anggota keluarga juga beristirahat dengan baik dan tidur yang cukup.

Nah, bagaimana? Mudah, bukan? Hanya perlu membiasakan diri karena ke semua poin – poin di atas adalah hal – hal yang mudah dan sering dilakukan di kehidupan sehari – hari. Silahkan untuk disegerakan agar Anda dan keluarga terhindar dari penyakit akibat musim pancaroba yang umumnya sering terjadi di negeri kita tercinta Indonesia. Mari menjadi contoh untuk tetangga dan sekitarnya dengan menjadi keluarga sehat dan kuat.

Advertisements
Tips Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Bugar | Silang Hati | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better