Tips Bersihkan Telinga yang Benar dan Aman

bersihkan telinga

Seperti bagian tubuh lainnya, telinga pun perlu dibersihkan dengan baik agar kotoran tak menumpuk dan jadi lokasi favorit bakteri untuk tinggal. Jika tak dilakukan pembersihan, pastinya berisiko menimbulkan infeksi yang lama kelamaan dapat mempengaruhi kesehatan pendengaran.

Akan tetapi karena bentuk telinga yang cukup unik dan terletak di bagian dalam tubuh, maka membersihkannya pun bukan hal yang mudah. Perlu kehati-hatian dalam mengeluarkan kotoran telinga, apalagi jika dilakukan sendiri.

Umumnya orang memakai cotton bud atau kapas yang diberi batang kecil agar mampu menjangkau bagian dalam lubang telinga. Namun dilansir oleh laman care2.com, cara ini cukup beresiko memerangkap kotoran ke bagian dalam telinga.

Apalagi dalam sebuah studi disebutkan bahwa risiko gendang telinga terkena batang cotton bud juga besar, sebab orang sering membersihkan sendiri telinganya tanpa bantuan orang lain.

Untuk itu seorang Neurotologist bernama Erika Woodson, MD menyarankan agar membersihkan telinga tak hanya menggunakan cotton bud, namun tambahkan juga dengan baby oil.

Wanita yang bekerja di Head and Neck Institute, Cleveland, Ohio ini beralasan bahwa baby oil akan melembutkan kotoran telinga yang mengeras. Cairan tersebut juga aman bagi kondisi dalam telinga.

“Cara yang harus Anda lakukan adalah tuangkan baby oil ke dalam telinga, diamkan beberapa saat, dan kemudian berbaringlah secara miring untuk mengeluarkan kotoran,” terangnya.

Rutin melakukannya setiap minggu dapat membuat telinga jadi lebih bersih maksimal. Dirinya juga menyarankan untuk memakai baby oil yang steril dan bersih agar bakteri tak masuk telinga.

Sebenarnya yang disebut kotoran telinga adalah zat yang dikeluarkan oleh telinga untuk memerangkap bakteri. Itu berfungsi menjaga kesehatan telinga juga, sehingga tak perlu dihilangkan sama sekali.

Advertisements
Tips Bersihkan Telinga yang Benar dan Aman | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better