Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu

SilangHati.com – Banyak rekan-rekan yang biasanya baru ingin mencoba membeli secara online bertanya-tanya “apakah toko online ini bisa dipercaya?” “aman nggak ya kalau belanja online di sana?” dan pertanyaan senada lainnya. Hal ini memang bukan tanpa alasan. Maraknya penipuan membuat khalayak ramai menjadi lebih waspada. Namun begitu, bukan berarti juga semua yang dijual online itu penipuan.

Lantas, bagaimana tips agar kita bisa tenang berbelanja via online? Simak panduan tips aman berbelanja online berikut ini:

1. Cari tahu lebih jauh tentang situs yang akan menjadi tempat Anda belanja online
Tips nomor satu ini khusus bagi yang berbelanja di situs ecommerce yang dirasa belum pernah didengar. Kami pribadi lebih memilih yang jelas-jelas saja seperti toko online Blibli.com.

2. Baca dengan seksama tata cara atau aturan yang ada di situs toko onlline
Aturan atau kebijakan setiap penyedia layanan e-commerce tentu berbeda-beda. Pastikan Anda membaca dan memahami terlebih dahulu sebelum memberikan data-data diri (seperti kartu kredit).

3. Baca atau Cek Deskripsi Produk dengan Teliti
Jika ada deskripsi yang aneh, terutama di keterangan harga, anda wajib curiga jika harga terpaut jauh dengan harga pasaran; terkecuali jika memang ada program diskon untuk produk yang Anda cari. Sehingga, jangan tergoda akan murahnya suatu produk.

4. Pastikan Laptop atau Komputer Anda Bebas Malware dan Virus
Selalu gunakan antivirus terudate dan memeriksa secara berkala. Salah satu celah pencurian data kartu kredit berasal dari perangkat milik si pemilik itu sendiri.

5. Perhatikan Opsi Pembayaran
Semakin banyak pilihan untuk pembayaran, biasanya memudahkan pembeli untuk memilih yang mana yang menurut mereka paling aman. Jika tidak ingin data kartu kredit dimasukkan, mungkin bisa memilih transfer antar bank atau bahkan opsi Cash on Delivery (COD).

metode pembayaran keamanan toko online

6. Periksa Total Harga dan Simpan Bukti Pembelian
Hal ini semata-mata agar jika terjadi hal yang tidak diinginkan, proses klaim menjadi lebih mudah karena tracking/tracing transaksi telah tersimpan atau terdokumentasi dengan baik.

Demikianlah 6 langkah yang minimal harus Anda pastikan ketika berbelanja secara online di dunia maya. Selalu waspada.

Advertisements
Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu | Silang Hati | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better