Tips Aman dan Nyaman Muncak di Gunung Rinjani, Lombok

pecinta alam

Gunung Rinjani adalah salah satu tujuan pendakian yang masuk daftar favorit para pencinta alam tanah air. Keindahan kawah gunung, juga alam Pulau Lombok yang berbeda menjadi alasan utama mereka menjadikan gunung tertinggi kedua di Indonesia ini sebagai favorit.

Rinjani berdiri kokoh di 3.726 mdpl, dan menjadi tantangan tersendiri bagi pendaki untuk uji ketahanan mereka menakhlukkannya. Namun selain tantangan ketinggian tersebut, ada hal lain yang membuat pendaki bersikeras ingin naik ke Rinjani.

Apalagi kalau bukan Danau Segara Anak yang ada di negeri atas awan tersebut. Danau ini memang yang membuat impian para pendaki kadang berubah menjadi obsesi, bahwa mereka belum diakui menjadi pecinta alam sesungguhnya jika belum mendaki Rinjani.

Berikut ini beberapa tips jika Anda hendak mempersiapkan diri untuk menjelajah Rinjani, dilansir oleh laman Indonesia.travel:

  • Guide lokal adalah syarat untuk Anda yang hendak naik ke puncak Rinjani. Guide ini berasal dari penduduk setempat, yang tahu betul jalan di gunung tersebut. Mereka sering bertindak sebagai porter selain penunjuk jalan.
  • Hindari musim hujan jika hendak muncak. Hujan yang sering turun akan menyebabkan rute jadi lebih berbahaya dan sulit ditempuh.
  • Membawa sleeping bag adalah hal yang sebaiknya juga dilakukan, apabila Anda berencana hendak menginap di tepi Danau Segara Anak. Jaket dan baju hangat lain pun merupakan hal yang wajib dibawa, karena udara di pegunungan pasti dingin.
  • Membawa plastik cadangan untuk sampah. Jangan pernah mengaku pencinta alam jika Anda meninggalkan sampah di tempat yang indah tersebut. Bersihkan kembali semua sampah Anda sebelum melanjutkan perjalanan.
  • Ada beberapa pemandian air panas di sekitar danau. Anda bisa manfaatkan untuk menyegarkan tubuh kembali.

Advertisements
Tips Aman dan Nyaman Muncak di Gunung Rinjani, Lombok | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better