Tips Aman Berkonsultasi secara Online dengan Dokter

Di zaman internet seperti sekarang ini, terdapat beragam aplikasi atau website yang menyajikan pelbagai kemudahan mulai dari berbelanja, sampai urusan konsultasi kesehatan. Anda dapat dengan leluasa serta mudah menyampaikan berbagai keluhan melalui layanan konsultasi dokter online hingga terhindar dari administrasi atau birokrasi klinik dan atau rumah sakit yang terkadang cukup menyita waktu.

Meski begitu, bukan berarti Anda bisa leluasa berkonsultasi tentang masalah kesehatan Anda pada dokter -yang katanya- online. Ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan serta mematuhinya. Hal yang paling mendasar adalah melakukan pengecekan apakah dokter online yang memberikan layanan benar-benar memiliki kemampuan dan kompetensi seorang dokter? Dokter yang terdaftar secara sah dan legal sesuai perundang-undangan yang berlaku di Indonesia?

Direktori Dokter Layanan Konsultasi Kesehatan Keluarga Secara Online Di Indonesia

Sehingga, jika ada suatu aplikasi untuk perangkat bergerak, dokter-dokter yang ada dan bertugas melayani konsultasi juga seyogyanya memiliki surat izin praktek dan atau surat tanda registrasi. Dari sini kita bisa melihat, jika aplikasi konsultasi online ini memang terpercaya, pihak pengembang dan pengelolanya tentu akan melakukan tindakan verifikasi terhadap dokter online di jaringan aplikasinya.

Seperti dikutip dari Kompas, Ketua Pengurus Besar IDI (Ikatan Dokter Indonesia) bapak dr. Daeng Mohammad Faqih, M.H. mengatakan bahwa, suatu penyakit tidak boleh didiagnosis secara pasti sebelum dilakukan pengecekan fisik. Tidak bisa hanya dari beberapa kata kemudian meminta resep untuk menebus obat.

“Untuk menetapkan diagnosis, pasien serta dokter wajib bertemu muka, tidak bisa hanya dengan konsultasi (wawancara atau anamnesis), akan tetapi juga disertai cek fisik pasien dan hal ini mau tidak mau wajib dilakukan pada tempat sang dokter berpraktek dokter,” kata dr. Daeng.

Lebih jauh, dr. Daeng mengungkapkan bahwa jika berkonsultasi dengan dokter secara online, sebaiknya bertanya hanya pada tahap keluhan seperti apa yang sedang dirasakan. Sehingga nantinya bisa terlihat secara deskripsi apakah keluhan tersebut berpotensi gawat. Contohnya saja seperti sakit pada dada. Asam lambung yang meningkat juga bisa menjadi penyebabnya. Namun demikian, tidak menutup kemungkin juga gejala serangan jantung. Gejala demikian yang mewajibkan calon pasien bertatap muka dengan dokter.

Dari gejala dan keluhan itu, kemudian dokter akan memberikan saran atau rekomendasi bagaimana langkah selanjutnya, apakah perlu datang untuk periksa, atau tidak perlu. Berkonsultasi dengan dokter via online merupakan langkah pertama sehingga masyarakat dapat mengerti kondisi keadaannya dari sumber yang terpercaya.

Advertisements
Tips Aman Berkonsultasi secara Online dengan Dokter | Silang Hati | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better