Tips Agar Stretch Mark Tak Timbul Saat Hamil

stretch mark

Kemunculan stretch mark atau selulit di permukaan kulit memang jadi momok menakutkan bagi kaum wanita, khususnya yang sedang hamil. Meregangnya kulit di daerah perut seiring makin besarnya kehamilan akan membuat kolagen di lapisan dermis kulit jadi turut membesar dan melebar, hingga lama kelamaan robek. Permukaan kulit jadi tampak berkerut-kerut, dan pasti tak sedap dipandang.

Biasanya wanita hamil akan mulai mengalami kemunculan selulit saat 3 bulan ketiga masa kehamilan atau trimester terakhir. Saat seperti ini memang kondisi perut sedang dalam kondisi maksimal, utamanya bulan ke delapan dan sembilan.

“Robekan akan memunculkan garis-garis merah muda atau keunguan. Pasca persalinan stretch mark dapat menipis dan berubah warna menjadi keperakan atau putih,” ungkap Dr Grace NS Wardhana, SpKK seperti dilansir laman Okezone.

Bekas selulit yang sudah muncul akan sulit diatasi, walau tak menutup kemungkinan ia bisa tersamarkan. Jadi mencegah memang lebih disarankan dari pada mengobati, dalam hal stretch mark ini.

Caranya bagaimana? Berikut ini beberapa diantaranya:

Makanan yang bernutrisi tinggi untuk kesehatan kulit adalah langkah pertama yang baik diikuti. Makanan tersebut misalnya sayur serta buah yang kaya vitamin A, C serta D. Juga ikan dan jenis kacang-kacangan yang kaya zink serta telur. Hindari makanan berlemak, dan minuman berkafein.

Berbagai jenis krim dan minyak pelembab kulit bermanfaat membuat kulit jadi lebih elastis dan tak mudah pecah. Anda bisa menggunakannya di wilayah perut, paha, bokong, dan daerah lain yang berpotensi alami stretch mark.

Saat kulit merenggang, maka rasa gatal kadang menyerang. Tahan diri Anda untuk tidak menggaruk dengan jari. Ini akan makin memperparah selulit di kulit Anda. Pakai krim untuk mengurangi gatal, serta elus-elus saja permukaan kulit tersebut.

Nah, mudah kan cara mencegah stretch mark muncul di kulit. Selamat mencoba.

Advertisements
Tips Agar Stretch Mark Tak Timbul Saat Hamil | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better