Timnas Indonesia Harus Benahi Stamina Jika Ingin Bersaing di Asia

Timnas Indonesia U23 u22 kalah gagal

Stamina dinilai menjadi salah satu faktor penting bagi Timnas Indonesia jika ingin bersaing di pentas sepakbola dunia, termasuk di kancah Asia. Hal tersebut dikatakan mantan pelatih Sriwijaya FC, Subangkit, setelah melihat penampilan Timnas Indonesia U23 di Kualifikasi Pra Piala Asia U-23 beberapa waktu lalu, terutama setelah dihajar Korea Selatan dengan skor telak 4-0.

“Sebenarnya dari segi skill dan skema, pemain kita tidak terlalu jauh berbeda dengan pemain Korea. Itu terbukti dengan hasil imbang di babak pertama. Namun Timnas Indonesia U23 gagal mempertahankannya dan kalah dengan skor cukup telak. Itu disebabkan kondisi fisik pemain kita yang kedodoran,” urai Subangkit belum lama ini.

“Timnas U23 Korea Selatan berhasil mengalahkan kita karena fisiknya benar-benar fit, sehingga mereka bisa menampilkan permainan dengan mobilitas tinggi di seluruh lini. Ini harus menjadi perhatian kita, bahwa masalah fisik merupakan salah satu faktor penting sukses di turnamen internasional,” lanjutnya.

Mantan pelatih Persela Lamongan ini pun berbagi pengalamannya saat masih memperkuat Timnas Indonesia dan berhadapan dengan Korea Selatan di era 1980-an silam. “Saat saya membela timnas, saya melihat Korea Selatan memang bagus di segi fisik. Pada tahun 1980-an, Timnas kita dikalahkan 0-2 oleh Korea Selatan di Presiden Cup,” kisahnya.

“Korea Selatan juga selalu berhasil lolos ke babak final di tiap turnamen internasional, seperti Merdeka Games dan lain-lain. Itu bisa diperoleh, karena fisik mereka memang dibentuk dengan sangat baik,” pungkas Subangkit.

Advertisements
Timnas Indonesia Harus Benahi Stamina Jika Ingin Bersaing di Asia | Olah Raga | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better