Timnas Indonesia Diminta Stop Pakai Pemain Naturalisasi

Naturalisasi

Cukup banyaknya pemain naturalisasi yang menghuni skuat Timnas Indonesia saat ini menimbulkan keprihatinan dari beberapa pihak. Salah satunya adalah mantan pemain dan kapten Timnas Indonesia, Berti Tutuarima. Eks bek Persija Jakarta ini meminta PSSI untuk tidak lagi melanjutkan program naturalisasi bagi Timnas Indonesia.

“Sebaiknya program naturalisasi tidak diteruskan. Sejauh ini pemain naturalisasi sudah terbukti tidak memberikan prestasi buat Timnas Indonesia. Lebih baik kesempatan diberikan kepada pemain-pemain lokal,” saran Berti Tutuarima yang disampaikan beberapa waktu lalu.

Sosok yang pernah mengantarkan Timnas Indonesia meraih medali perak di SEA Games 1979 ini menilai, kebanyakan usia pemain naturalisasi sudah tidak muda lagi. Selain itu, Berti Tutuarima juga menilai kualitas para pemain naturalisasi tidak cukup istimewa untuk kancah internasional.

“Sebagian besar pemain yang dinaturalisasi sudah tua. Pemain-pemain naturalisasi hanya unggul ketika main di liga lokal. Melawan para pemain di sini, di liga (domestik), mereka masih lebih cepat, tetapi ketika bermain melawan pemain-pemain nasional dari luar negeri, kecepatan dan kegesitan mereka sudah bukan menjadi keunggulan lagi,” papar Berti Tutuarima.

“Orang-orang yang bekerja mencari bakat-bakat pemain muda di berbagai daerah harus orang-orang yang benar-benar paham sepak bola supaya pemain lokal yang didapat betul-betul berkualitas,” lanjutnya.

Sejumlah pemain naturalisasi yang dimiliki Timnas Indonesia saat ini memang sudah terbilang tidak muda lagi, sebut saja Greg Nwokolo (29 tahun), Victor Igbonefo (29 tahun), Raphael Maitimo (31 tahun), Bio Paulin (31 tahun), Sergio van Dijk (32 tahun), bahkan Cristian Gonzales yang hampir menginjak usia 40 tahun.

Advertisements
Timnas Indonesia Diminta Stop Pakai Pemain Naturalisasi | Olah Raga | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better