TCL Pertimbangkan akan Akuisisi HTC?

HTC Desire 820

Sebuah perusahaan asal Taiwan, TCL, dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk mengakuisisi HTC. Informasi ini bersumber dari pernyataan Li Dongsheng selaku Chairman TCL yang mengungkapkan bahwa pihaknya sedang mempertimbangkan kemungkinan untuk membeli HTC. TCL sendiri sebelumnya telah mengakuisisi vendor ponsel dan smartphone Alcatel.

Meski telah diungkapkan melalui akun Weibo, itu tidak berarti TCL akan benar-benar membeli HTC. Sebelumnya Li Dongsheng pernah mengungkapkan melalui akun Weibo bahwa perusahaan asal Taiwan yang dalam hal ini adalah HTC dan TCL harus bersatu untuk merebut pasar smartphone dari Apple dan Samsung. Hal ini kemudian menimbulkan spekulasi bahwa TCL berminat mengakuisisi HTC.

TCL atau Alcatel sendiri namanya kurang dikenal di Indonesia. Meski beberapa produk smartphone Alcatel ada yang masuk pasar tanah air, tetapi kurangnya promosi membuat namanya tak terdengar. Lalu mengapa TCL berniat mengakuisisi HTC? Alasan utama TCL yang mengaku berminat untuk mengakuisisi HTC ini juga belum diketahui pasti. HTC sendiri tidak berkomentar mengenai hal ini.

HTC adalah vendor smartphone papan atas asal Taiwan yang saat ini sedang jatuh terpuruk dan pangsa pasarnya jauh dibelakang Apple dan Samsung. Produk HTC sendiri sebenarnya memiliki karakter kuat dan mengusung teknologi yang cukup tinggi. Namun semua itu tak akan berarti jika penjualan mereka jeblok dan menuntun perusahaan ke jurang kemunduran.

Selama ini HTC dikenal berkonsentrasi di pasar kelas menengah ke atas dan jarang merilis produk entry-level. Masalh timbul ketika persaingan di pasar kelas menengah atas begitu ketat dan keras tanpa ada back up dari penjualan produk di kelas bawah. Mungkin hal inilah yang membuat HTC terpuruk.

Seperti yang dilansir dari Phone Arena (06/10/2014), jika akuisisi ini benar-benar terjadi, kemungkinan akan mengubah peta persaingan smartphone di kelas atas dan menengah.

Advertisements
TCL Pertimbangkan akan Akuisisi HTC? | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better