Suka Minuman Manis? Waspadai Kesehatan Jantung Anda

minuman soda

Penggemar minuman manis dihadapkan masalah kesehatan yang berhubungan dengan penyakit jantung. Studi terbaru mengungkap, minuman yang kaya fruktosa olahan ini dapat memicu hal tersebut. Peneliti menemukan kaitan antara hal ini dari faktor jumlah takaran tambahan gula dalam minuman manis terhadap kemunculan penyakit tertentu.

Peneliti dari Universitas California menyatakan, risiko terkena penyakit jantung akan meningkat seiring dengan penambahan jumlah gula dalam minuman manis. Risiko ini terlihat saat pria dan wanita sehat selama dua minggu mengonsumsi minuman manis. Tubuh manusia ternyata sangat sensitif dengan gula dan akhirnya memunculkan gangguan kesehatan sesuai dengan jumlah asupan yang masuk ke tubuh.

Dikutip dari Times of India, studi melibatkan pria dan wanita 85 orang berusia 18-40 tahun yang dibagi menjadi empat kelompok. Selama 15 hari, mereka diminta mengonsumsi minuman manis berfruktosa tinggi dari sirup jagung. Takaran tiap kelompok berbeda yaitu 0 persen, 10 persen, 17,5 persen, dan 25 persen dari total kebutuhan kalori harian.

Dalam pengamatan dietahui, sebagian besar peserta mengalami peningkatan lipoprotein atau faktor lipid. Jumlah lipoprotein pada peserta pria jauh lebih besar dari wanita.Mereka juga mengalami penambahan berat badan. Dari sini terlihat bahwa peserta yang mendapatkan minuman manis secara rutin dan asupannya lebih banyak, memiliki risiko lebih tinggi untuk mendapatkan penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung.

Studi ini dijadwalkan akan terbit dalam edisi cetak pada American Journal of Clinical Nutrition.

Advertisements
Suka Minuman Manis? Waspadai Kesehatan Jantung Anda | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better