Sony: Unlock Bootloader Xperia Z3 & Z3 Compact Memengaruhi Fungsi Kamera

Sony Xperia Z3Sony Xperia Z3

Belum lama ini Sony telah mengonfirmasi bahwa unlock bootloader pada smartphone Xperia Z3 dan Xperia Z3 Compact dapat memengaruhi fungsionalitas kamera, terutama saat low-light. Sony juga mengatakan bahwa hal ini juga terjadi pada jajaran smartphone Xperia kelas atas lainnya yang telah mengusung perangkat lunak versi baru.

Konfirmasi dari Sony ini tentu bukan kabar baik bagi pengguna yang sering ngoprek Android dan berganti-ganti ROM. Awalnya informasi ini dianggap isu yang disebarkan oleh pengembang perangkat lunak Sony, tetapi kini semuanya menjadi jelas setelah vendor asal Jepang ini angkat bicara.

Apa sebenarnya yang disebut dengan unlocking bootloader? Unlocking bootloader sendiri pada dasarnya adalah membuka kunci DRM (Digital Right Management) pada perangkat. Aktivitas unlocking bootloader ini diperlukan untuk instalasi ROM dari pihak ketiga.

Namun belum lama ini Sony mengatakan bahwa unlocking bootloader ini memiliki konsekuensi dengan hilangnya algoritma noise reduction yang memengaruhi kinerja kamera saat memotret ditempat kurang cahaya atau low-light. Sejatinya aktivitas unlock bootloader ini hanya dilakukan oleh power user atau pengguna yang sering ngoprek Android, sedangkan pelanggan biasa tidak akan melakukan hal tersebut.

Spesifikasi kamera Xperia Z3 sendiri tak jauh berbeda dengan Xperia Z2 yang mengandalkan kamera utama resolusi 20,7 megapiksel autofokus dengan dukungan lensa Sony Cybershot G, prosesor Bionz, LED flash, dan sensor 1/2,3″. Kamera Sony Xperia Z3 ini mampu merekam video 4K/30p dan didukung kamera depan berkekuatan 2MP untuk video call.

Xperia Z3 ditopang oleh chipset Qualcomm Snapdragon 801 MSM8974AC yang mengandalkan prosesor quad-core Krait 400 berkecepatan 2,5GHz yang dipadukan dengan memori RAM 3GB dan didukung oleh pengolah grafis dari Adreno 330, sedikit lebih cepat dari Xperia Z2 yang mengusung prosesor berkecepatan 2,3GHz saja, seperti yang dilansir dari Phone Arena (03/10/2014).

Advertisements
Sony: Unlock Bootloader Xperia Z3 & Z3 Compact Memengaruhi Fungsi Kamera | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better