Sering Terbangun di Tengah Malam Adalah Kondisi Normal

bangun

Apakah Anda sering terbangun di tengah malam, kemudian tak bisa tidur lagi dalam waktu cepat? Beberapa pendapat menyebut bahwa kondisi tersebut termasuk gangguan tidur, dan berpengaruh buruk terhadap kesehatan. Namun di sisi lain, berdasar bukti ilmiah yang ada, kebiasaan terbangun di tengah malam yang dialami oleh sebagian manusia ternyata merupakan hal yang normal dan alami.

Kebiasaan terbangun tengah malam ini sudah dialami bahkan sejak zaman pra-sejarah oleh manusia di kala itu. Ini disebabkan manusia mempunyai tahapan tidur yang terbagi menjadi dua.

Tahap pertama, umumnya berlangsung mulai petang hingga menjelang tengah malam, manusia akan tidur dengan rata-rata waktu 4 jam. Di tengah malam mereka terbangun oleh karena harus melakukan beberapa aktivitas, yang di antaranya menurut ahli sejarah Roger Ekirch, adalah kembali menyalakan api di alat penerangannya yang sering mati akibat kehabisan bahan bakar saat tengah malam. Kemudian mereka akan tidur lagi usai beraktifitas sedikit.

Itu sebabnya pola tidur 2 tahap ini berlaku mulai zaman pra-sejarah, dan diduga masih berjalan hingga saat ini.

Ilmuwan lantas mengamati apakah kondisi tidur 2 tahap yang menyebabkan sering terbangun di tengah malam ini berpengaruh pada kesehatan. Ternyata mereka menemukan bahwa partisipan yang memiliki pola tidur ini lebih kecil resikonya mengalami stres.

Selain itu, tubuh manusia juga lebih mudah beradaptasi dengan pola tidur 2 tahap, sehingga tak berbahaya bagi kesehatannya. Anda dapat melakukan beberapa kegiatan menenangkan di waktu terbangun tengah malam dengan membaca, berdoa, atau meditasi.

Advertisements
Sering Terbangun di Tengah Malam Adalah Kondisi Normal | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better