Serangan Jantung Lebih Mungkin di Alami Orang Pendek?

tinggi badan

Jangan marah dulu bagi Anda yang merasa punya tubuh pendek dan membaca pernyataan di atas. Itu adalah hasil penelitian dari British Heart Foundation Professor of Cardiology di the University of Leicester. Mereka menyimpulkan dari sebuah studi, bahwa orang yang tingginya kurang dari 170 cm lebih mungkin mengalami penyakit jantung hingga 32 persen.

Biasanya terjadi serangan jantung disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah di jantung karena banyaknya kandungan lemak. Lemak tersebut yang menghambat aliran darah, sehingga memungkinkan terjadi serangan jantung mendadak.

Hasil penelitian yang dilansir juga oleh laman Dailymail tersebut lantas membuat korelasi antara tinggi badan seseorang dengan risiko penyakit jantung. Banyak juga yang mempertanyakan bagaimana bisa tinggi badan dikaitkan dengan penyakit jantung.

Sementara para peneliti sendiri masih tak bisa dengan gamblang menjelaskan korelasi antara penyakit mematikan itu dengan tinggi atau pendeknya badan.

“Selama lebih dari 60 tahun kami meneliti hubungan antara tinggi badan dan risiko seseorang untuk terkena penyakit jantung koroner. Tidak jelas apakah korelasi ini berkaitan dengan faktor makanan yang dikonsumsi, lingkungan kesehatan, atau rendahnya pengetahuan tentang kesehatan,” Professor Sir Nilesh Samani menjelaskan.

Namun satu yang bisa dijelaskan oleh ilmuwan dalam penelitian tersebut, bahwa orang yang tinggi lebih dari 170 cm punya struktur DNA yang jauh lebih kuat sehingga dapat lebih kebal terhadap serangan jantung dan berisiko lebih rendah.

Advertisements
Serangan Jantung Lebih Mungkin di Alami Orang Pendek? | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better