Sepak Bola Gajah, PSS Sleman & PSIS Semarang Didiskualifikasi

pss sleman psis semarang sepakbola gajah

Komisi Disiplin (Komdis) PSSI akhirnya menjatuhkan sanksi tegas kepada PSS Sleman dan PSIS Semarang terkait kasus sepak bola gajah yang terjadi di laga kedua tim tersebut pada Minggu (28/10/2014) kemarin. PSS Sleman dan PSIS Semarang dicoret alias didiskualifikasi dari kompetisi Divisi Utama 2014.

Dengan hukuman itu, praktis mimpi PSS Sleman dan PSIS Semarang untuk promosi ke Indonesia Super League (ISL) 2015 pupus sudah. Padahal, kedua tim ini sudah dipastikan lolos ke semifinal Divisi Utama 2014 musim ini.

“Untuk menegakkan hukum dan menjaga kompetisi agar berwibawa, PSS dan PSIS didiskualifikasi. Kedua klub tersebut berhenti di sini,” tandas Ketua Komdis PSSI, Hinca Panjaitan, di Jakarta, Selasa (28/10/2014) malam.

“Mereka mencederai prinsip dasar sepak bola, yaitu untuk menjaga sportivitas dan integritas sepak bola. Di Statuta PSSI, mereka melakukan persengkokolan. Mereka juga melanggar doktrin olah raga.”

“Seluruh pemain PSS dan PSIS ditambah ofisial tim akan kami investigasi. Jika terbukti pengurus dan klubnya, ancaman lain bisa terjadi. Bisa didegradasi dari Divisi Utama. Hukuman saat ini harus diputuskan agar status di kompetisi clear,” tambahnya.

Laga antara PSS Sleman vs PSIS Semarang menambah catatan buruk persepakbolaan Indonesia. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 3-2 untuk PSS Sleman. Ironisnya, kelima gol yang terjadi tercipta lewat gol bunuh diri.

Kedua tim tampaknya menghindari kemenangan karena tidak ingin berjumpa Pusamania Borneo FC di babak semifinal. Ada anggapan bahwa klub baru asal Samarinda itu sering mendapat ”bantuan” untuk memenangkan laga dan telah disiapkan untuk promosi ke ISL musim depan.

Advertisements
Sepak Bola Gajah, PSS Sleman & PSIS Semarang Didiskualifikasi | Olah Raga | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better