Selfie Haji Berpotensi Batalkan Ibadah, Seruan Ulama Arab

Selfie Haji 2

Gaduh Selfie Haji buat satu ulama Arab serukan untuk tidak lakukan aksi itu tatkala beribadah di Tanah Suci. Alasannya, Selfie Haji miliki potensi untuk membatalkan ibadah. Apa dan bagaimana terkait seruan ulama tersebut?

Sebagaimana diketahui jika Selfie Haji sempat jadi tren bagi mereka yang kebetulan sedang melaksanakan ibadah Haji di Arab Saudi. Ulama tekankan jika terkait tujuan dokumentasi tidak jadi soal. Namun jika diunggah ke media sosial sama saja dengan riya atau pamer.

Ali bin Abdul Aziz Al-Shibal, satu ulama tersebut menjelaskan jika aksi Selfie miliki potensi untuk membatalkan ibadah Haji umat. Selain itu, tindakan tersebut berpengaruh pada ‘ganjaran’ yang akan mereka peroleh di Tanah Suci.

Dosen Universitas Majmaah itu menjelaskan bila membiarkan orang lain tahu jika umat berbuat baik – lewat Selfie – akan mempengaruhi kemurnian dan niat serta tujuan Haji. Terlebih jika ada orang lain yang muncul di foto terunggah juga melanggar privasi yang bersangkutan.

Menurut Ali, Selfie diambil dari kebudayaan Barat. Islam, kata dia, melarang kaum Muslim utnuk meniru bentuk budaya Barat dan tradisi non Muslim. Semestinya Muslim wajib bangga dengan budaya mereka sendiri.

Seperti ditulis Arab News, Ali mengatakan jika Nabi Muhammad SAW pernah bertitah jika tukang potret adalah salah satu kelompok yang akan dihukum di hari kiamat nanti. Ia tekankan jika pemerintah Arab Saudi hanya mendidik kaum Haji dan Muslim agar menjauhi hal-hal yang tidak Islami.

Advertisements
Selfie Haji Berpotensi Batalkan Ibadah, Seruan Ulama Arab | Pendi Dikan | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better