SBY & Jokowi Diduga Dimata-matai Hacker Tiongkok

SBY Jokowi

Pemerintahan SBY dan Jokowi disebut diduga dimata-matai hacker Tiongkok. Sebuah kabar mengejutkan mengingat aksi “menguping” yang diketahui sebelumnya hanya datang dan berkutat dari negara Amerika Serikat, Inggris, atau Australia. Seperti apa?

Apabila kabar ini benar adanya, ternyata tetangga dari Asia juga melakukan hal serupa. Kabar ini diketahui kemudian selepas pemerintah Tiongkok dinilai menjadi dalang dari sejumlah serangan siber yang dilakukan oleh kelompok peretas pada instansi pemerintah, perusahaan swasta, dan jurnalis di India serta Asia Tenggara.

Satu riset yang dilakukan perusahaan keamanan FireEye, disebutkan jika serentetan kegiatan spionase terhadap India, Malaysia, Vietnam, Thailand, Singapura, dan Indonesia telah “dikuping” Pemerintah Beijing sejak tahun 2005 dan masih berlangsung hingga kini.

“Memang tidak ada tanda yang menunjukkan langsung serangan ini adalah operasi dari pemerintah Tiongkok, namun semua tanda mengarah ke sana. Ini seperti medan pertempuran baru,” ujar Chief Technology Officer FireEye Byrce Boland.

FireEye menemukan sejumlah bukti seperti keberadaan petunjuk manual operasi yang ditulis dalam Bahasa Tiongkok. Basis kode yang ada diduga dikembangkan oleh developer Tiongkok. Selain itu, domain terkait yang didaftarkan adalah perusahaan bergerak di bidang pembuatan teh di pedesaan Tiongkok.

“Target mereka memiliki informasi yang paling mungkin melayani kebutuhan pemerintah Tiongkok untuk intelijen tentang isu-isu kunci di Asia Tenggara soal politik, ekonomi, dan militer, wilayah yang disengketakan, dan diskusi terkait dengan legitimasi Partai Komunis Tiongkok,” tambah FireEye.

Apabila memang benar adanya dan dilakukan sejak tahun 2005 serta masih berlangsung hingga saat ini, maka sejak pemerintahan SBY hingga Jokowi, Tiongkok berupaya “mencuri” informasi penting negeri ini.

Via Techcrunch.

Advertisements
SBY & Jokowi Diduga Dimata-matai Hacker Tiongkok | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better