Sate Kere, Sate Rakyat Favorit Presiden Jokowi

sate kere

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ternyata sangat menyukai makanan sate kere. Sate ini memang agak berbeda dari kebanyakan menu sate yang berbahan daging. Sate kere adalah sate yang terbuat dari tempe kedelai. Kadang dipakai pula tempe gembus yang dibuat dari ampas pengolahan tahu. Penyebutan “kere” yang melekat pada menu sate kere konon identik dengan makanan rakyat kecil yang kurang mampu jika harus mengonsumsi sate berbahan daging.

Sate kere memiliki bumbu kacang yang lebih mirip dengan bumbu pada pecel. Sebagai teman makan, biasanya ditambahkan dengan lontong atau nasi. Tempe ditusuk lalu dibakar dengan sebelumnya dibalur memakai bumbu kacang. Pada saat disajikan, sate kere ditambahkan kembali dengan bumbu kacang dan lontong. Tapi, bila ingin mengganti lontong dengan nasi, sama enaknya.

Kuliner ini memang khas Kota Solo dan wilayah di sekitarnya. Harga yang ditawarkan cukup murah. Satu porsinya hanya sekitar Rp 13 ribu. Dan, penjual sate kere langganan Jokowi adalah lapak milik Yu Rebi yang berlokasi di Jalan Kebangkitan Nasional No. 1-2, Solo. Letaknya di belakang Stadion Sriwedari (atau Stadion R Maladi), Solo.

“Pak Jokowi bareng dengan Megawati juga pernah ke sini, dua kali malah,” kata Yu Rebi seperti dikutip Okezone.

Jokowi kerap datang ke warung Yu Rebi secara spontan. Pernah suatu kali Jokowi datang saat warungnya sepi Dia pun mengeluhkan hal tersebut kepada Jokowi.

“Terus Pak Jokowi bilang, ‘Ra sah bingung (tak usah bingung) , entar juga ramai’. Eeeh benar juga, tak lama setelah itu warung sate saya ramai lagi,” kenangnya.

Beberapa artis yang pernah menyambangi warung sate kere Yu Rebi adalah Mrcella Zalianty dan Rieke Dyah Pitaloka. Pastinya, sate kere menawarkan citarasa yang tidak kalah lezatnya dibanding sate ayam atau sate kambing.

Advertisements
Sate Kere, Sate Rakyat Favorit Presiden Jokowi | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better