San Marino Raih Poin Pertama dalam Sejarah Kualifikasi Euro!

San Marino Raih Poin Pertama dalam Sejarah Kualifikasi Euro!

San Marino meraih poin pertama dalam sejarah keikutsertaan mereka di kualifikasi Euro. Sejak mulai tampil di kualifikasi Piala Eropa 1992, negara mini tersebut sudah tampil dalam 61 kesempatan. Namun 60 pertandingan sebelum laga melawan Estonia selalu berakhir dengan kekalahan.

Skor imbang tanpa gol yang tercipta di Stadio Olimpico di Serravalle pada Minggu (16/11) menjadi sejarah besar bagi San Marino. Bukan hanya karena mereka bisa menahan imbang Estonia, tetapi juga karena penantian berkepanjangan meraih satu angka saja akhirnya tercapai.

Pasca laga berakhir yang menandai pecahnya rekor kekalahan beruntun San Marino, kapten Andy Selva tak kuasa menahan haru. Dikatakannya kepada UEFA, “Saya ingat kemenangan di Liechtenstein (pada laga persahabatan tahun 2004).”

“Namun satu angka ini memiliki makna berbeda. Saya menunggu hasil seperti ini slama 11 tahun.Kami kecewa dengan beberapa kesempatan yang gagal diraih.”

“Kami ingin mendedikasikan angka pertama di kualifikasi Euro ini untuk Federico Crescentini, mantan pemain internasional San Marino yang meninggal beberapa tahun lalu. Kami mencari hasl ini sekian tahun, dan kini mendapatkannya.”

Bagi San Marino yang diisi oleh para pemain amatir, mendulang angka adalah barang mahal. Tercatat mereka sudah tampil dalam 123 pertandingan internasional. Namun, dari jumlah itu negara berperingkat 208 FIFA ini cuma bisa menang sekali. Selebihnya 118 kekalahan tercipta, dan empat kali imbang.

San Marino memulai laga resmi mereka pada tahun 1990 dalam kualifikasi menuju Euro 1992 di Denmark. Ketika itu mereka ditumbangkan oleh Swiss dengan skor 4-0. Sejak saat itu hantu kekalahan terus membayangi.

Satu-satunya kemenangan (melawan Liechtenstein 1-0) terjadi di laga ujicoba. Sementara empat hasil seri terbagi dalam tiga kategori laga:dua di kualifikasi Piala Dunia, satu dalam laga persahabatan, dan satu lagi hari ini di kualifikasi Euro 2016.

Advertisements
San Marino Raih Poin Pertama dalam Sejarah Kualifikasi Euro! | Olah Raga | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better