Samsung Siapkan Prosesor Exynos 7, Tawarkan Peningkatan Performa 57%

Samsung Exynos 7Samsung Exynos 7

Samsung baru-baru ini mengumumkan chipset prosesor baru yang mengusung prosesor octa-core 64-bit, yakni Exynos 7. Vendor asal Korea Selatan ini mengklaim bahwa chipset Exynos 7 andalannya ini mampu memberikan lompatan kinerja hingga 57% jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Ini sebuah peningkatan kinerja yang dramatis.

Sebelumnya Samsung sudah menggebrak pasar kelas atas dengan merilis chipset Exynos 5 yang terdiri dari beberapa varian dan digunakan oleh smartphone kelas atasnya, sebut saja Galaxy S4, Galaxy S5, Galaxy Note 3, dan Galaxy Note 4. Kini chipset Exynos 7 didapuk sebagai penerus Exynos 5 dengan arsitektur baru.

Samsung Exynos 7 ini hadir dengan prosesor 8 otak atau octa-core yang menggunakan arsitektur big.LITTLE yang terdiri dari prosesor quad-core ARM Cortex-A53 64-bit untuk menangani tugas ringan dan menghemat baterai, serta quad-core ARM Cortex-A57 64-bit untuk menangani tugas berat dengan menawarkan performa yang tinggi. Tak heran Samsung mengklaim kinerja Exynos 7 meningkat 57% dari generasi sebelumnya.

Sektor grafis, Samsung Exynos 7 ini ditemani oleh GPU (Graphics Processing Unit) Mali-T760 yang tak lain adalah perbaikan dari GPU Mali yang digunakan pada chipset Exynos 5. Performa Exynos 7 dalam memainkan game 3 dimensi dipastikan meningkat sangat pesat.

Tak hanya itu, Exynos 7 ini memungkinkan kamera depan dan kamera belakang merekam video definisi tinggi secara bersamaan berkat dukungan dual Image Signal Processing (ISP). Exynos 7 mendukung kamera belakang gingga 16 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel.

Seperti yang dilansir dari Phone Arena (15/10/2014), smartphone yang ditenagai oleh Exynos 7 tampaknya baru muncul pada tahun 2015, yakni Galaxy S6 atau Galaxy Note 5.

Advertisements
Samsung Siapkan Prosesor Exynos 7, Tawarkan Peningkatan Performa 57% | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better