Samsung Galaxy S6 Gunakan memori UFS?

Memori SamsungMemori Samsung

Smartphone Samsung Galaxy S6 kabarnya akan menggunakan memori berteknologi baru, yakni UFS 2.0. UFS (Universal Flash Storage) versi 2.0 adalah teknologi penyimpanan yang mempu menawarkan performa setara SSD (Solid State Drive). Informasi mengenai penggunakan memori berteknologi UFS 2.0 pada smartphone Samsung Galaxy S6 bersumber dari media Korea, yakni ETNews.

Kelebihan utama memori UFS yang akan digunakan pada smartphone Galaxy S6 adalah performa transfer rate yang sangat tinggi dan bahkan mampu menyamai SSD. Apa yang ditawarkan oleh UFS ini tiga kali lipat lebih cepat dari memori jenis eMMC dengan kecepatan 1,2GB/s. Tak hanya itu, konsumsi daya UFS juga lebih rendah dari eMMC.

Standar memori UFS ini di bawah Joint Electron Device Engineering Council (JEDEC) yang dikembangkan oleh Samsung, Nokia, dan Micron pada tahun 2007 lalu. Kini Toshiba dan SK Hynix juga terlibat dalam pengembangan standar memori UFS 2.0. Samsung sendiri akan memproduksi massal memori jenis ini dalam waktu beberapa minggu mendatang.

Samsung Galaxy S6 kabarnya akan menjadi smartphone pertama Samsung yang disuntikkan memori UFS 2.0. Meski demikian, Samsung Galaxy S6 tak sendirian dalam mengaplikasikan UFS 2.0 pada smartphone andalannya karena Xiaomi dilaporkan telah mengembangkan smartphone dengan menggunakan memori berteknologi sama.

“UFS merupakan elemen penting untuk bisnis ponsel pintar kami tahun depan. Kami akan memulai aplikasi berpusat pada ponsel pintar andalan. Namun, kami tidak bisa mengungkapkan rincian apapun karena saat rilis ponsel pintar baru berikutnya tahun dan spesifikasi model baru ini belum selesai,” kata sumber internal Samsung.

Seperti yang dilansir dari GSM Arena (12/11/2014), penggunaan memori UFS 2.0 akan meningkatkan performa smartphone Galaxy S6 secara signifikan dan memangkas konsumsi baterai, penasaran? Mari kita tunggu kehadirannya.

Advertisements
Samsung Galaxy S6 Gunakan memori UFS? | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better