Samsung Berminat Akuisisi AMD?

Samsung AMD

Samsung yang merupakan raksasa elektronik dan perangkat mobile dikabarkan tertarik untuk mengakuisis AMD (Advanced Micro Device). Informasi ini bersumber dari sebuah laporan sebuah media Korea Selatan menyebutkan bahwa Samsung saat ini sedang mempertimbangkan untuk akuisis AMD dalam rangka ekspansi bisnis di masa depan.

Ini sebenarnya bukan kali pertama Samsung mempertimbangkan untuk membeli AMD, sehingga tak terlalu mengejutkan. AMD sendiri adalah produsen prosesor x86 terbesar kedua setelah Intel dan pembesut kartu grafis seri Radeon. Akhir-akhir ini AMD memang terkihat kewalahan bersaing dengan Intel di pasar prosesor dan Nvidia di pasar grafis.

Tahun 2007 lalu, Samsung sempat menyebutkan bahwa akuisis AMD diperlukan untuk meningkatkan posisinya. Namun kabar tersebut akhirnya berlalu dan akuisisi tidak terjadi. Kini kabar akuisis AMD oleh Samsung kembali mencuat. Samsung sendiri memiliki model yang cukup kuat untuk membeli AMD.

Sayangnya informasi ini belum mendapat konfirmasi dri pihak Samsung, sehingga ada kemungkinan kabar ini palsu karena baru sebatas rumor. Terlepas dari kebenaran info ini, Samsung memiliki alasan kuat untuk mengakuisisi AMD. Perusahaan asal Korea Selatan ini akan mampu meningkatkan daya saing dan memperluas pasar chip prosesor dan grafis secara signifikan.

AMD memiliki produk-produk yang sebenarnya cukup baik, sebut saja APU (Accelerates Processing Unit), grafis Redeon, prosesor x86, dan solusi server berbasis ARM. Sedangkan Samsung sudah terjun di pasar chipset mobile melalui seri Exynos yang digunakan oleh jajaran smartphone dan tablet buatannya.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (25/03/2015), AMD tak hanya memiliki produk yang baik, tetapi juga tenaga ahli dan paten yang solid. Benar tidaknya informasi ini, biar waktu yang menjawabnya.

Advertisements
Samsung Berminat Akuisisi AMD? | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better