Sabayon 15.04 Linux, Dukung Driver Grafis AMD & Nvidia

Sabayon 15.04 XfceSabayon 15.04 Xfce

Distribusi Linux Sabayon 15.04 telah dirilis dan mengusung dukungan native untuk driver kartu grafis dari AMD Radeon dan Nvidia GeForce. Ini berarti pengguna kartu grafis dari kedua produsen tersebut dapat memaksimalkan kinerja perangkat keras yang dimilikinya ketika menjalankan sistem operasi Sabayon 15.04 ini.

Seperti yang kita ketahui, Sabayon adalah salah satu distribusi yang dikembangkan dengan basis Gentoo Linux yang sudah cukup terkenal di kalangan pengguna sistem operasi open-source. Sabayon 15.04 sebenarnya menggunakan sistem rolling-release yang mana pengguna hanya cukup melakukan update sistem secara teratur untuk mendapat versi terbaru dari sistem operasi.

Rili Sabayon 15.04 ini menggunakan Linux kernel 3.19.0 dan ISO live CD-nya sudah tersedia untuk diunduh di situs resminya sejak beberapa hari yang lalu. Pengembang Sabayon 15.04 mengatakan bahwa rilis ini telah mengusung semua paket terbaru dari repositori Gentoo.

“Pengembang Sabayon memiliki kebiasaan lucu menghadirkan semua paket-paket terbaru yang ada di repositori Gentoo dan membuatnya tersedia sesegera mungkin untuk pengguna kami. Jika Anda mencari terbaru KDE, GNOME atau LibreOffice, kemungkinan bahwa ‘itu semua sudah tersedia di repo’,” pernyataan resminya.

Rilis Sabayon 15.04 ini hadir dalam beberapa varian rasa desktop, antara lain adalah KDE 4.14.3, Gnome 3.14.2, dan Xfce 4.12. Pengguna dapat memilih varian desktop sesuai selera dan kebutuhan. Xfce tampaknya menjadi pilihan yang paling menarik karena ringan, stabil, dan tampilannya yang minimalis.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (30/03/2015), Semua varian Sabayon 15.04 telah mendukung driver grafis Nvida dan AMD, penasaran? Download distro Sabayon 15.04 di sini.

Advertisements
Sabayon 15.04 Linux, Dukung Driver Grafis AMD & Nvidia | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better