Saat Kena Flu Jangan Lakukan Diet Rendah Kalori Dulu

Wanita Flu

Pada saat Anda sedang mengalami sakit seperti kena flu atau SARS, tidak disarankan untuk melanjutkan program diet yang sedang dijalani. Pada saat sakit, menjalankan diet atau mengonsumsi makanan rendah kalori justru bisa merugikan kesehatan. Tubuh lebih sulit mendapatkan kesembuhan dari penyakit dan memungkinkan penyakit bertambah parah.

Peneliti dar Universitas Michigan di Amerika Serikat menemukan kaitan ini melalui pengamatan laboratorium dengan menggunakan tikus percobaan. Selama beberapa hari tikus ini dikondisikan menjalani diet dengan cara mengurangi asupan kalori sampai 40 persen. Di sisi lain, disiapkan tikus lain yang menerima makanan mereka secara utuh tanpa pembatasan kalori. Kedua kelompok tikus ditempatkan pada lingkungan yang memungkinkan terjadinya reaksi infeksi.

Hasilnya, kelompok tikus yang berada dalam periode infeksi dan diberi kalori lebih sedikit diketahui mengalami sakit. Mereka juga kehilangan berat badan badan cukup signifikan. Parahnya lagi, tikus tersebut juga berpeluang mendapatkan kematian akibat infeksi yang dialaminya ketimbang kelompok tikus yang makan secara wajar.

Penyebab semua itu adalah, kekurangan kalori membuat tikus diet rendah kalori yang terinfeksi memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah. Sel-sel imunitas tidak cukup untuk menghancurkan kuman patogen yang menginfeksinya. Padahal kekebalan tubuh sangat penting dalam menghalau berbagai penyebab sakit seperti virus.

Oleh sebab itu, pada musim yang sering uncul penyakit pilek dan flu sebaiknya seseorang memenuhi asupan nutrisinya termasuk karbohidrat. Dalam kondisi demikian, diet rendah kalori ada baiknya ditunda dulu. Menurut para ahli, seseorang boleh berdiet selama sekitar 8 bulan dalam setahun. Namun dalam empat bulan yang biasanya penyakit flu atau pilek menyerang, seperti musim hujan, program diet rendah kalori tidak dilakukan agar kekebalan tubuh tidak menurun.

Advertisements
Saat Kena Flu Jangan Lakukan Diet Rendah Kalori Dulu | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better