Rudiantara Jadi Menkominfo Baru, 7 Tugas Berat Menunggu

Rudiantara

Nama Rudiantara akhirnya dipilih Jokowi untuk slot posisi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo). Menurut Doni Darwin, founder Indotelko, ada tujuh tugas berat yang menunggu di pundaknya.

Tugas pertama adalah memperjuangkan kasus mantan Dirut IM2 Indar Atmanto. Ini sekaligus untuk berikan kepastian hukum bagi penyedia jasa internet. Kedua, penyelesaian regulasi teknologi netral di frekuensi mendukung mobile broadband.

Tugas berikutnya yakni pembangunan infrastruktur telekomunikasi terutama area rural yang dikaitkan dengan penggunaan dana Universal Service Obligation (USO). Keempat, memastikan porsi swasta dan pemerintah serta bentuk Private Public Partnership dalam membangun infrastruktur yang diamanatkan IBP.

“Jangan sampai terjadi kasus Palapa Ring, agresifitas dan kecepatan pengambilan keputusan ala RA selama di Telco harus terjadi di Kemenkominfo. Kalau tidak, IBP ujung-ujungnya bisa dibangun oleh operator pelat merah,” kata Doni.

Tugas kelima yakni penyelesaian revisi undang-undang terkait penyiaran dan telekomunikasi yang sesuai dengan konvergensi. Berikutnya yakni membangun arsitektur cloud untuk e-goverment dan e-procurement sesuai misi Jokowi yang ingin transparasi.

“Saat ini masing-masing Kementerian berjalan sendiri, di IBP, soal e-government dan lainnya jelas disebutkan. Idealnya, orkestra dipegang oleh Kemenkominfo,” imbuh pendiri Indotelko itu.

Tugas terakhir, Rudiantara akan diuji kemampuannya dalam mengkomunikasikan kenaikan BBM. Ini terkait posisi sebagai public relations. Menurut Doni, Rudiantara tidak ada masalah dengan media (komunikasi), namun ada baiknya ia didukung sosok sekaliber Gatot S Dewa Broto.

Advertisements
Rudiantara Jadi Menkominfo Baru, 7 Tugas Berat Menunggu | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better