Rokok Mentol Ternyata Menyimpan Bahaya Lebih Besar

rokok mentol

Rokok menthol populer dengan tagline mild atau ringan, sehingga dianggap lebih ringan kandungan nikotinnya dari pada jenis rokok biasa. Padahal anggapan ini salah, bahkan penelitian terbaru menyebutkan fakta sebaliknya.

Pada penelitian tersebut diungkap bahwa rokok mentol dapat menyebabkan kemungkinan perokoknya mengalami masalah paru-paru lebih besar ketimbang perokok biasa. Selain itu perokok mentol memiliki resiko masuk rumah sakit dan mengalami masalah kesehatan serius lebih besar ketimbang perokok biasa.

Dilansir oleh laman Dailymail, sebab dari masalah kesehatan tersebut adalah sulitnya bernapas dan terjadi penumpukan lendir di saluran pencernaan perokok.

Studi yang dilakukan di Kanada tersebut memakai metode pengamatan terhadap perokok mentol yang berusia muda. Mereka merokok lebih banyak jika dibanding perokok biasa. Dalam seminggu, rata-rata perokok mentol menghabiskan 43 batang rokok, sedangkan perokok biasa rata-rata hanya 43 batang.

Dari 3.758 perokok mentol, serta 1.941 perokok biasa, resiko penyakit pernafasan yang dialami oleh perokok mentol awalnya memang lebih kecil.

Namun dalam 18 bulan kemudian, terlihat bahwa kesehatan paru-paru mereka jauh menurun dibanding perokok biasa. Mereka mengalami nafas pendek, sulit berjalan selama 6 menit, dan ini lebih buruk ketimbang perokok biasa.

Dalam sudut pandang penelitian yang lain, yakni usia dan riwayat penyakit, maka perokok mentol punya resiko 29% lebih tinggi mengidap penyakit paru. Karena itu, ada baiknya perokok mentol meninggalkan kebiasaannya saat ini juga.

Advertisements
Rokok Mentol Ternyata Menyimpan Bahaya Lebih Besar | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better