Ritel India Ogah Jual Android One, Apa Sebabnya?

Android One

Ritel offline di India dikabarkan enggan menjual smartphone Android One yang digagas oleh Google. Informasi ini bersumber dari The Economics Times India yang mengutip sumber dari seorang eksekutif senior yang tak mau disebutkan namanya. Lalu apa alasan ritel offline menolak untuk menjual smartphone Android One ini?

Berberapa ritel terbesar di India menolak menjual smartphone Android One karena Google lebih memprioritaskan penjualan smartphone secara online. Jajaran smartphone Android One besutan Google ini awalnya hanya dijual melalui beberapa toko online di India, yakni Amazon, Flipkart, dan Snapdeal. Namun penjualan Android One kabarnya lesu dan kurang mampu menarik konsumen.

Melihat penjualan melalui online yang lesu, smartphone Android One kemudian ditawarkan pada beberapa ritel offline terbesar di India. Tawaran ini tampaknya ditolak oleh salah satu ritel terbesar di India yang memiliki jaringan lebih dari 1800 toko di seluruh negara tersebut.

Salah seorang sumber dari pihak ritel tersebut mengungkapkan bahwa smartphone Android One tidak menawarkan marjin keuntungan yang diharapkan oleh pihak ritel. Selain itu, permintaan konsumen terhadap smartphone Android One yang masih rendah juga menjadi salah satu faktor perusahaan ritel menolaknya.

Seperti yang kita ketahui, saat ini terdapat tiga smartphone yang menggunakan platform Android One, yakni Micromax Canvas A1, the Karbonn Sparkle V, dan Spice Dream Uno. Ketiga smartphone ini memiliki spesifikasi yang sama karena telah ditentukan oleh Google.

Android One dibekali dengan layar sentuh berukuran 4,5 inci dengan resolusi FWVGA 854 x 480 piksel berteknologi TFT kapasitif dengan kerapatan layar mencapai 218 piksel per inci. Android One ini menggunakan sistem operasi Android 4.4 KitKat terbaru, sesuai dengan yang dijanjikan oleh Google.

Sektor dapur pacu, Android One cukup gahar di kelas entry-level berkat dukungan chipset MediaTek MT6582M yang mengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A7 berkecepatan 1,3GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 1GB dan didukung oleh pengolah grafis dari Mali-400MP, seperti yang dilansir dari CNET (21/11/2014).

Advertisements
Ritel India Ogah Jual Android One, Apa Sebabnya? | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better