Rekaman Monster Islandia Ini Dinyatakan Otentik


Ketika sebuah rekaman dari penampakan makhluk seperti ular besar yang meluncur di sebuah danau beku di Islandia muncul, para ahli menduga rekaman itu adalah hoax.

Tapi sekarang sebuah panel yang diselenggarakan untuk memutuskan keaslian rekaman tersebut telah memutuskan bahwa rekaman itu adalah rekaman asli dari Lagarfljótsormurinn – atau loch Ness nya Islandia.

Seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com, Video itu dibuat pada awal 2012 oleh Hjörtur Kjerúlf, menunjukkan makhluk misterius berenang melalui air dingin dari sungai glasial Jökulsá í Fljótsdal, di timur Islandia.

Situs Slate melaporkan keputusan yang menyatakan rekaman tersebut otentik membuat Mr Kjerúlf sedikit naik daun.

Lagarfljótsormurinn, makhluk seperti ular misterius, dikatakan tinggal di danau Lagarfljót, yang memiliki panjang sekitar 25 mil dan berkedalaman 367 kaki. Mahluk ini dilaporkan telah terlihat berkali-kali sejak laporan pertama muncul pada tahun 1345.

Worm ini diyakini setidaknya 300ft (91m) panjang, dan memiliki banyak punuk. Ini kadang-kadang dilaporkan berada di luar air, berbaring melingkar atau merayap ke pepohonan.

Dari ke 13-anggota yang ditunjuk untuk menilai rekaman tersebut, 7 orang menganggap rekaman itu otentik dan secara voting mereka menang. Tentu saja keputusan ini banyak menuai kritik dan tuduhan bahwa keputusan tersebut dibuat hanya dengan maksud untuk menarik wisatawan.

Penyidik ​​Miisa McKeown yang akrab dengan es dan bagaimana benda-benda beku berperilaku dalam air mengungkapkan kepada Discovery News sekitar waktu rekaman itu pertama kali diterbitkan, “Gerakannya adalah aspek yang paling menarik, tapi ketika saya menyadari betapa cepat air mengalir Saya pikir itu dapat menyebabkan efek pada objek yang fleksibel terjebak di sana”.

Dia menganalisis video dan mengambil beberapa gambar dari rekaman pada waktu yang berbeda kemudian membandingkan lokasi ‘kepala mahluk’ tersebut ke titik-titik acuan statis untuk melihat apakah ‘makhluk’ itu benar-benar bergerak, atau hasil dari ilusi optik.

Dia menemukan bahwa benda itu diam di dalam air; hanya tampaknya bergerak tapi sebenarnya tidak.

Ahli lain mengatakan bahwa ia yakin rekaman tersebut palsu. Loren Coleman, direktur Museum Cryptozoology Internasional di Portland, Maine, telah meneliti Lagarfljótsormurinn dan menuliskannya dalam bukunya “Field Guide to Lake Monsters and Sea Serpents”.

Mr Coleman mengatakan dia menyangsikan tampilan ‘robot’ dari makhluk yang ditampilkan dalam video dan percaya itu adalah tipuan.

Pada website-nya Cryptomundo, ia menulis: “Terus terang, video ini menunjukkan sesuatu yang tampak seperti ular yang dibuat, dengan bagian bagian kaku didorong melalui air. Kepalanya tampaknya telah dibuat agar terlihat seperti kepala anaconda raksasa. Gerakannya tidak anggun”.

“Tampaknya seseorang mencoba pemalsuan ini, mungkin dengan menggunakan robot dengan terpal, jaring ikan, atau kantong sampah – favorit untuk hoaxers berair – telah memutuskan untuk mengambil frase ‘ular laut’ dan/atau ‘worm’ terlalu harfiah.”

Menurut Coleman, penampakan terbaru dari makhluk aneh di Danau Lagarfljót adalah pada tahun 1998, ketika seorang guru dan murid-muridnya mengatakan mereka melihat sesuatu dekat dengan pantai. Namun, mereka tidak menggambarkannya sebagai memiliki penampilan seperti cacing.

Alasan lain mengapa Coleman berpendapat rekaman itu adalah tipuan, adalah karena kalimat ‘Icelandic Worm Monster’ diciptakan pada abad ke-21 dan berasal dari kesalahpahaman dan kesalahan penerjemahan dari kata Lagarfljótsormurinn menjadi Lagarfljót worm atau cacing Lagarfljót.

Dia menambahkan: “Penampakan monster danau ini – yang bertanggal kembali ke tahun 1345 – tidak digambarkan seperti ular … Sebaliknya, mereka menggambarkan Lagarfljótsormurinn memiliki punuk, leher panjang, dan misai, lebih seperti Waterhorse berleher panjang daripada ular raksasa.”

Dia mengatakan karena nama Lagarfljótsormurinn disalahartikan, maka hoaxers keliru membuatnya dalam bentuk seperti ular yang bertentangan dengan semua laporan saksi mata lainnya.

Kata cacing Lagarfljót ini mengingatkan ke sebuah cerita rakyat.

Legenda mengatakan monster itu berawal sebagai cacing kecil yang kemudian ditempatkan oleh seorang gadis pada cincin emasnya agar cincin emasnya membesar. Tapi ketika ia kembali ia menemukan bukan cincinnya yang membesar, tetapi cacing itulah yang telah tumbuh menjadi ular raksasa. Dengan panik, dia melemparkan keduanya ke dalam danau Lagarfljót, di mana cacing terus tumbuh dan akhirnya menjadi naga menakutkan.

Lagarfljót, adalah danau glasial air tawar, berada di bawah permukaan laut, dan memiliki visibilitas yang rendah akibat pendangkalan.

Advertisements
Rekaman Monster Islandia Ini Dinyatakan Otentik | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better