Refund Asuransi Mobil Yang Perlu di Perhatikan

Punya asuransi mobil memang sangat menguntungkan, apalagi ketika sedang mengalami kerugian seperti kecelakaan atau kehilangan pastinya menguntungkan karena tidak harus mengeluarkan biaya-biaya yang berlebih lagi.

Bagi anda yang ingin menggunakan asuransi, kami sarankan kepada anda untuk bisa lebih teliti untuk memilah asuransi mana yang sesuai dengan kebutuhan anda tersebut, jangan sampai setelah membayar premi anda jadi menyesal dan mikir-mikir ulang bahwa menggunakan jaminan perlindungan dari asuransi A tidak menguntungkan dan akhirnya anda membatalkan untuk gunakan asuransi tersebut.

Namun, ada pula masalah lain untuk beberapa orang yaitu jika kendaraan mereka dalam beberapa waktu ternyata telah berpindah tangan, dan akhirnya mereka ingin membatalkan jaminan perlindungan termasuk kendaraan tersebut, sehingga menginginkan uangnya kembali.

Untuk masalah seperti ini, sebenarnya jangan khawatir ada beberapa perusahaan asuransi yang mau menggunakan biaya anda tersebut atau dalam istilah asuransi khusus untuk mobil disebut refund asuransi mobil. Walau, sebenarnya pihak asuransi pastinya merasa dirugikan juga akan hal ini, akan tetapi mereka akan mengembalikan uang anda.

cara refund asuransi mobil

Akan tetapi, yang perlu anda ketahui adalah tidak semua perusahaan asuransi yang mau mengembalikan biaya refund tersebut. Ada pula beberapa perusahaan yang membuat persyaratan kepada nasabahnya mengenai biaya pembatalan ini. Berikut beberapa persyaratannya:

  • Biaya refund yang akan dikembalikan ke nasabah tersebut akan di kurangi dengan biaya-biaya contohnya biaya periode yang sedang berjalan, dipotong dengan pajak, biaya adminitrasi, biaya untuk cancel polis. Semua biaya-biaya tersebut dipotong dari jumlah premi awal ataupun yang masih tersisa.
  • Ada beberapa perusahaan asuransi yang tidak membenarkan adanya refund bila si nasabah sudah melakukan klaim.
  • Ada pula beberapa perusahaan asuransi yang tidak menyetujui ada refund asuransi mobil bila polis asuransi tersebut sudah aktif.

Dari beberapa persyaratan tersebut, anda bisa mempelajari beberapa hal berikut jika sewaktu-waktu ada masalah dan ingin melakukan refund. Perlu anda keetahui pula, mulai dari disetujui refund anda tersebut dan uang telah di kembalika, pihak asuransi tidak lagi memiliki tanggung jawab untuk melindungi kendaran yang anda miliki.

Satu hal pula yang perlu anda ketahui, bahwa refund ini tidak menguntungkan buat anda sama sekali. Jadi, ada baiknya anda untuk lebih memilih asuransi yang tepat untuk anda, ada baiknya refund asuransi mobil ini dilakukan karena memang pemindahan kekuasan atas kendaraan, misalnya saja anda menjual mobil anda.

Demikian pengertian tentang refund yang mesti anda perhatikan dan pahami, jangan sampai terjadi salah paham karena kita sebagai nasabah belum memahami benar-benar tentang biaya pengembalian ini, banyak prosedur yang harus kita lakukan bila ingin biayanya kembali.

Bukan karena pihak asurani menipu, namun ada pula yang harus di pertanggung jawabkan oleh pihak asuransi bila ada adanya refund asuransi mobil ini kepada pihak OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Advertisements
Refund Asuransi Mobil Yang Perlu di Perhatikan | Silang Hati | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better