Raspberry Pi A+ Mulai Dijual, Harga 200 Ribu-an

Raspberry Pi A+Raspberry Pi A+

Raspberry Pi A+ adalah model baru dari keluarga komputer mini Raspberry yang baru saja diluncurkan dan dijual dengan harga yang sangat terjangkau, yakni $20 atau sekitar Rp 200 ribuan saja. Salah satu kelebihan Raspberry Pi A+ adalah dimensinya yang lebih kecil daripada Raspberry Pi model B dan diklaim lebih effisien soal konsumsi daya.

Raspberry Pi Foundation secara resmi telah meluncurkan komputer mini baru Raspberry Pi A+ yang berukuran 55 x 64 mm saja. Seperti yang kita ketahui, komputer mini berkonsep DIY Raspberry Pi ini awalnya diciptakan untuk pendidikan pemrograman. Kini Raspberry Pi tak hanya digunakan untuk belajar pemrograman saja, tetapi juga menjadi otak bagi proyek-proyek kreatif.

Apa yang ditawarkan oleh Raspberry Pi A+? Spesifikasi yang ditawarkan oleh Raspberry Pi A+ masih sama dengan Raspberry Pi A yang mengandalkan chipset Broadcom BCM2835 yang mengusung prosesor ARM11 single-core berkecepatan 700MHz yang didukung oleh memori RAM sebesar 256MB. Raspberry Pi A+ juga dilengkapi berbagai fitur standar seperti slot SD card, port HDMI, dan port USB.

Raspberry Pi A+ 2

Perbedaan yang paling mencolok dari Raspberry Pi A+ dengan model sebelumnya adalah penggunaan port GPIO 40 pin untuk kartu ekspansi, sehingga kompatibel dengan Raspberry Pi HATs add-on. Raspberry Pi A+ juga dilengkapi dengan adapater layar melalui port microUSB tunggal.

Terlepas dari perbedaan yang disebutkan tadi, Raspberry Pi A+ ini banyak membawa perbaikan dari Raspberry Pi model B+. Raspberry Pi A+ diciptakan tidak untuk menggantikan model lama, melainkan untuk mereka yang membutuhkan komputer mini dengan biaya lebih rendah, ukuran yang kecil, dan konsumsi daya yang efisien.

Seperti yang dilansir dari Toms Hardware (10/11/2014), Raspberry Pi A+ dan Raspberry Pi lainnya adalah sebuah komputer mini yang dapat memicu kreativitas. Hingga saat ini tak terhitung proyek canggih dan unik yang dikembangkan denbgan menggunakan basis Raspberry Pi.

Advertisements
Raspberry Pi A+ Mulai Dijual, Harga 200 Ribu-an | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better