PSSI Silakan Ikuti FIFA, Tapi Tetap Milik Rakyat Indonesia

pssi fifa logo

PSSI dipersilakan mengikuti FIFA selaku konfederasi sepakbola dunia. Namun, sebagai organisasi yang berada di bawah naungan pemerintah Republik Indonesia, PSSI dan sepakbola nasional pada umumnya tetap menjadi milik rakyat Indonesia. Hal itu dikatakan oleh FX Rudyatmo, Walikota Surakarta yang juga Ketua Penasihat Asosiasi Kota PSSI Solo, terkait ancaman sanksi oleh FIFA kepada Indonesia.

Menurut Walikota Solo yang menggantikan Joko Widodo (Jokowi) ini, keterlibatan negara dalam urusan sepakbola diperlukan dan tidak harus selalu dituding sebagai bentuk intervensi. Bagaimanapun juga, pemerintah juga turut bertanggung jawab terhadap perkembangan dan kemajuan prestasi sepakbola di tanah air.

“Ya kalau PSSI tidak mau peduli sama bangsa Indonesia sendiri, huruf I-nya dihilangkan saja. Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia kok. Mestinya negara ikut terlibat boleh. Tetapi, tidak semata-mata dikatakan intervensi. Kita jangan mau diadu oleh FIFA. Kalau sedikit-sedikit dikatakan intervensi, ini melanggar statuta FIFA,” papar FX Rudyatmo di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Statuta FIFA itu tetap kita junjung tinggi, tapi sebagai bangsa Indonesia kita harus mempunyai jiwa yang besar. Sepakbola di Indonesia ini harusnya milik masyarakat Indonesia, bukan milik FIFA. Kalau PSSI tunduk statuta FIFA, yes. Tapi, PSSI miliknya bangsa Indonesia,” tambahnya.

“Kalau negara intervensi ya sah-sah saja toh. Sepakbola itu membawa nama Indonesia kok. Tidak boleh intevensi itu terus bagaimana. Tapi, intervensinya bukan untuk menentang statuta FIFA,” pungkas FX Rudyatmo.

Advertisements
PSSI Silakan Ikuti FIFA, Tapi Tetap Milik Rakyat Indonesia | Olah Raga | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better