PSSI Patuhi FIFA, Tapi Tak Ingin Melawan Pemerintah

pssi pengurus

Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, menyatakan bahwa pihaknya memang mematuhi aturan FIFA sebagai konfederasi sepakbola dunia, namun PSSI juga ingin bergandengan tangan dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan tidak berniat melawan pemerintah. Menurut Djohar Arifin Husin, tidak ada untungnya bagi PSSI jika ribut dengan pemerintah Republik Indonesia.

“PSSI ingin berhubungan baik dengan FIFA, PSSI juga ingin berhubungan baik dengan pemerintah, tidak mungkin membangun sepakbola Indonesia tanpa dukungan dari pemerintah,” ujar Djohar Arifin Husin di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

“Oleh karena itulah hubungan dengan pemerintah harus diperbaiki supaya kami bisa on ke depan,” harapnya.

“Tidak ada untungnya ribut dengan pemerintah, justru kerugian yang kami dapat. Karena itulah kesalahpahaman ini perlu diatasi segera. Dengan BOPI (Badan Olahraga Profesional Indonesia) dan PT Liga Indonesia pun perlu duduk bersama untuk menyatukan pandangan, apa saja yang perlu diperbaiki supaya kami tidak ada masalah untuk ke depannya,” lanjut Djohar Arifin Husin.

Hubungan antara PSSI dengan pemerintah, dalam hal ini adalah Kemenpora dan BOPI, memang sedang menghangat menyusul adanya polemik terkait kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2015. BOPI dengan dukungan Kemenpora telah memutuskan bahwa ISL2015 akan diikuti oleh 16 klub setelah Arema Cronus dan Persebaya Surabaya dinyatakan tidak lolos verifikasi karena bermasalah dengan legalitas dan dualisme klub. Namun, PSSI yang disokong oleh FIFA, tetap menginginkan kompetisi digelar dengan 18 klub peserta.

“FIFA meminta untuk menjalankan kompetisi dengan 18 klub. Itu setelah kami melaporkan hasil verifikasi, di mana dari 20 klub hanya 18 yang lolos. Itu sudah dilaporkan dan disetujui FIFA. Kalau satu tak disertakan melanggar ketentuan dalam statuta PSSI dan FIFA,” kata Djohar Arifin Husin.

Advertisements
PSSI Patuhi FIFA, Tapi Tak Ingin Melawan Pemerintah | Olah Raga | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better