PSS Sleman Disanksi Terkait Sepak Bola Gajah, Didenda Hingga Skorsing Seumur Hidup

pss sleman psis semarang sepak bola gajah 4

Komisi Disiplin (Komdis) PSSI akhirnya menjatuhkan hukuman kepada orang-orang yang dianggap terlibat dalam perkara sepak bola gajah antara PSS Sleman vs PSIS Semarang dalam laga Divisi Utama 2014 beberapa waktu lalu. Hukuman untuk PSS Sleman beragam, dari denda hingga skorsing seumur hidup bagi para personal yang terlibat.

Hukuman paling berat dijatuhkan kepada Ery Febriyanto (sekretaris tim), Rumadi (ofisial), dan Herry Kiswanto (pelatih). Ketiganya dilarang beraktivitas di kancah sepakbola nasional seumur hidup, ditambah denda masing-masing 200 juta rupiah.

“Ery Febriyanto adalah yang memerintahkan untuk cetak gol ke gawang sendiri. Rumadi mengetahui dan bersama-sama. Manajer Suprajiono dipending karena tidak hadir. Pelatih Herry Kiswanto seharusnya bisa mencegah, tapi tidak melakukan tugasnya,” papar Hinca Pandjaitan, Ketua Komdis PSSI.

Sanksi tidak boleh beraktivitas di sepakbola nasional seumur hidup juga dijatuhkan kepada tiga pemain PSS Sleman, yakni Riono (kiper), serta dua pemain yang membuat gol bunuh diri yaitu Agus Setiawan dan Hermawan Putra Jati. Hukuman ini masih ditambah denda 10 juta rupiah.

Kemudian, Edy Broto (asisten pelatih) dan Erwin Syahrudin (ofisial), dikenai sanksi berupa larangan beraktivitas di sepakbola selama 10 tahun dan denda 150 juta rupiah. “Mereka tahu, tapi tak melakukan apapun,” ungkap Hinca Pandjaitan.

Untuk para pemain seperti Marwan Muhamad, Satrio Aji, Wahyu Gunawan, Ridwan Awaludin, Anang Hadi, Eko Setiawan, Mudah Yulianto, dan Moneiga Bagus, dihukum berupa larangan beraktivitas selama 5 tahun dan denda 50 juta rupiah, karena ikut bermain tapi tidak melakukan gol bunuh diri.

Adapun Rasmoyo, Kristian Adelmund, Waluyo, Saktiawan Sinaga, Guy Junior, dan Gratheo Hadi Witama, diganjar sanksi larangan beraktivitas selama satu tahun dengan masa percobaan lima tahun dan denda 50 juta.

Terakhir, Dwi (kitman) dan Suyono (masseur), Dihukum larangan beraktivitas di sepakbola nasional selama 1 tahun dengan masa percobaan selama 5 tahun, namun tidak ditambahi hukuman denda.

Advertisements
PSS Sleman Disanksi Terkait Sepak Bola Gajah, Didenda Hingga Skorsing Seumur Hidup | Olah Raga | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better