Presiden Barcelona Bartomeu Bakal Masuk Penjara Karena Neymargate

Presiden Barcelona Bartomeu Bakal Masuk Penjara Karena Neymargate

Presiden Barcelona saat ini, Josep Maria Bartomeu diancam jaksa dengan hukuman penjara dua tahun tiga bulan akibat kasus penggelapan pajak dalam Neymargate. Tidak hanya Bartomeu yang bakal masuk bui. Sandro Rosell sang mantan presiden bakal terkena hukuman bui lebih lama. Sementara, klub Catalan harus membayar denda sangat besar.

Selang sehari pasca kemenangan di El Clasico, Barcelona kembali dihantam kelanjutan skandal Neymargate. Jaksa penuntut umum tidak hanya meminta hakim Pablo Ruz memenjarakan Josep Maria Bartomeu. Hukuman terberat siap diberikan kepada Sandro Rosell, sebagai presiden klub kala transfer Neymar dilakukan. Rosell dianggap bersalah karena menyembunyikan biaya asli pembelian Neymar dari Santos dari socios Barca.

Rosell ketika menjadi presiden selalu berkilah, harga Neymar cuma 57 juta Euro yang pembayarannya dibagi-bagi ke dalam berbagai variabel biaya. Namun dalam penelurusan hakim Pablo Ruz terbukti bahwa sebenarnya Barcelona melakukan trik dengan menciptakan perusahaan palsu, mengalirkan sebagian uang transfer Neymar ke sana demi menghindari besarnya pajak yang berlaku. Atas kesalahannya ini, Sandro Rosell bisa dikenai hukuman penjara selama tujuh tahun tiga bulan.

Namun bukan hanya Sandro Rosell dan Josep Maria Bartomeu yang terkena sanksi. Barcelona sebagai institusi juga terkena getahnya. Barca diperkirakan akan diminta membayar denda kompensasi sebesar 33 juta Euro atas kasus Neymar tersebut.

Dengan situasi yang terjadi saat ini, dan dengan ancaman penjara kepada dua tokoh Barca, kemungkinan besar Neymar sebenarnya adalah pemain termahal di dunia. Saat ini, rekor itu dipegang oleh Gareth Bale (91 atau 100 juta Euro) atau Cristiano Ronaldo (96 juta Euro). Namun angka pembelian Neymar, bisa jadi di atas kedua pemain tersebut. Pasalnya, Santos pernah menolak biaya transfer 150 juta Euro yang disodorkan Real Madrid.

Advertisements
Presiden Barcelona Bartomeu Bakal Masuk Penjara Karena Neymargate | Olah Raga | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better