Persebaya Susah Bersatu, Surabaya Diusulkan Punya Dua Klub

save persebaya 1927 bonekmania

Persebaya Surabaya saat ini masih terlibat masalah dualisme klub dengan hadirnya Persebaya yang berkompetisi Indonesia Super League (ISL) serta Persebaya 1927 yang tahun 2013 lalu tampil di kompetisi Indonesia Premier League (IPL) dan kini tidak diakui oleh PSSI. Upaya untuk menyatukan Persebaya tampaknya susah dilakukan. Untuk itu, diusulkan supaya Surabaya memiliki dua klub.

“Bagi saya, Surabaya yang sebesar ini tidak cukup hanya punya satu klub. Kita dulu punya Mitra dan Persebaya. Masing-masing bisa berjalan dengan kebesarannya,” ujar Mantan manajer dan Ketua Umum Persebaya, Arif Affandi, di Surabaya beberapa waktu lalu.

“Sudahlah, Surabaya ini jangan hanya satu klub Persebaya. Kalau perlu ada dua Persebaya, Persebaya United dan Persebaya FC. Persebaya 1927 diizinkan berkompetisi lah. Tapi waktu itu berhenti di divisi apa. Kalau dulu berhenti di Divisi Utama, ya persilahkan di Divisi Utama. Nanti yang menentukan adalah pasar,” tambahnya.

Kasus dualisme Persebaya sendiri telah sampai ke meja hijau. Sebelumnya, Persebaya 1927 mengajukan gugatan di Pengadilan Negeri Surabaya terhadap PT Mitra Muda Inti Berlian (MMIB) selaku pengelola Persebaya yang saat ini berlaga di ISL dan juga kepada PSSI.

“Kami menggugat PT MMIB yang diberdirikan sebagai badan hukum kontraktor, bukan sebagai pengelola olahraga. Hal itu sesuai dengan akta pendirian dan SIUP yang diberikan kepada masing-masing badan hukum tersebut,” tukas Saleh Ismail Mukadar, Komisaris Utama PT Persebaya Indonesia.

“PT Persebaya Indonesia punya hak mengelola Persebaya Surabaya sampai dengan 2013, di mana tiba-tiba PT MMIB mendaftarkan klub lain dengan nama Persebaya ke PSSI dan sejak saat itu kami kehilangan hak pengelolaan klub,” lanjutnya.

Advertisements
Persebaya Susah Bersatu, Surabaya Diusulkan Punya Dua Klub | Olah Raga | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better