Perlu Tahu, Efek Samping Makan Buah Nanas

makan nanas

Nanas dengan warnanya yang kuning dan rasa segar asam manis, pasti nikmat disantap saat cuaca panas seperti saat ini. Apalagi jika mengingat kandungan vitamin C dalam nanas, dan mineral seperti potassium dan seratnya yang kaya. Bermanfaat sekali untuk menjaga kesehatan, bukan?

Namun dibalik manfaatnya, ada pula efek samping lain buah nanas yang perlu Anda ketahui jika terlalu banyak mengonsumsi buah nanas segar. Apa saja? simak informasi di bawah ini:

Ini adalah masalah yang umum dialami oleh seseorang yang terlalu banyak mengonsumsi nanas, yaitu lidah yang terasa gatal dan perih. Adanya enzim bromelain dalam nanas segar lah yang memicu rasa gatal di lidah. Enzim ini sendiri bermanfaat untuk mengempukkan daging sebelum dimasak. Biasanya untuk menetralkan enzim ini, ada yang menambahkan sedikit garam di permukaan nanas sebelum dikonsumsi. Gatal di permukaan lidah dapat hilang setelah beberapa jam.

Mengonsumsi nanas terlalu banyak juga bisa menimbulkan overdosis vitamin C. Efeknya, kadang terjadi diare, mual, sakit perut, pusing, rasa panas di dada, juga susah tidur. Minumlah air putih sebanyak mungkin untuk menetralkan kondisi ini.

  • Efek dengan obat tertentu

Enzim bromelain dapat menimbulkan efek negatif jika dikonsumsi bersama obat tertentu. Misalnya antibiotik, antikoagulan, antikejang, obat penenang, benzodiazepine, pengencer darah, obat insomnia, dan tricyclic antidepressant. Efeknya berbeda masing-masing orang.

Nanas mengandung banyak zat gula. Batasi konsumsi nanas jika Anda tak ingin gula darah naik drastis.

Advertisements
Perlu Tahu, Efek Samping Makan Buah Nanas | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better