Penyakit yang Bisa Timbul Akibat Konsumsi Vetsin

vetsin

Vetsin atau penyedap rasa makanan pertama kali ditemukan tahun 1909 oleh sebuah perusahaan Jepang bernama Ajinomoto. Semenjak itu, vetsin dengan kandungan monosodium glutamat (MSG) nya mulai akrab dipakai sebagai penguat cita rasa masakan yang bersifat adiktif (menyebabkan ketagihan).

Tak hanya di Jepang, pabrik pembuat vetsin pun merambah ke berbagai negara dan produknya bertahan hingga saat ini, masih menjadi andalan sebagian ibu-ibu di dapur. Padahal, efek pemakaian penyedap makanan tersebut kurang baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut adalah beberapa jenis penyakit yang ditimbulkan jika Anda memakai vetsin terlalu sering, seperti dilansir oleh situs Boldsky:

Ini adalah efek langsung dari konsumsi vetsin yang terlalu banyak. Monosodium glutamat yang dikandung penyedap rasa makanan dapat memicu migrain jika Anda mengonsumsinya dalam waktu lama.

Sistem saraf seseorang pun dapat mengalami mati rasa, kesemutan, serta menimbulkan rasa panas di area wajah dan sekitarnya dengan pemakaian vetsin yang menahun. Jika dibiarkan dapat merembet menjadi penyakit kronis seperti Parkinson, Alzheimer, Huntington dan multiple sklerosis.

MSG dalam makanan yang berlebih akan membuat jantung bekerja lebih cepat, nyeri di dada, bahkan jika parah akan menimbulkan stroke.

Ibu hamil sebaiknya menghindari makanan dengan kandungan MSG, sebab secara tidak langsung akan mempengaruhi janin. Peringatan ini juga tercantum dalam label sejumlah produk dengan kandungan MSG tinggi.

Resiko beberapa penyakit lain yang dapat dipicu oleh konsumsi MSG adalah disfungsi tiroid, diabetes tipe 2, obesitas, ketidakseimbangan hormon, autisme dan lainnya. Jadi ada baiknya Anda mulai saat ini menghindari atau mengurangi jika ingin tetap sehat.

Advertisements
Penyakit yang Bisa Timbul Akibat Konsumsi Vetsin | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better