Penyakit Jantung dan Hipertensi Dapat Dicegah dengan Minum Susu

minum susu

Minum susu tidak hanya bagus untuk kesehatan tulang. Susu juga diketahui memberikan kesehatan pada sistem kardiovaskular sehingga membuat peminumnya dapat tercegah dari penyakit jantung dan stroke. Demikian menurut studi terbaru yang dipresentasikan dalam Kongres Lipid di Montpellar, Prancis.

Seperti dikutip laman Viva dari Times of India, ada kaitan pula antara minum susu dengan tekanan darah. Minum susu berguna untuk menormalkan tekanan darah dan mencegah terjadinya hipertensi. Hipertensi adalah salah satu factor yang memicu terjadinya serangan jantung. Jika dalam pembuluh darah terdapat plak kolesterol yang menyumbat, dikhawatirkan serangan jantung koroner akan terjadi.

“Analisis menunjukkan bahwa ada hubungan antara peningkatan jumlah susu sehari dengan penurunan hipertensi dan serangan jantung,” kata Dr. Sabita S. Soedamah Muthu dari Universitas Wageningen, Belanda.

Sementara itu, untuk mendapatkan manfaat ini hanya diperlukan minum susu secara rutin sebanyak satu gelas per hari. Selain itu, pada konsumsi susu rendah lemak, ada manfaat lain yang bisa didapat. Peneliti mengatakan ada kaitan antara konsumsi susu jenis ini dengan stabilnya kolesterol dan menjaga tubuh dari naiknya berat badan. Meski begitu, susu murni memiliki efek positif secara keseluruhan.

“Tampaknya, beberapa paket susu kaya nutrisi memiliki dampak positif pada kesehatan, pengembangan kinerja,” kata Sabita.

Studi ini mendukung studi yang telah ada sebelumnya yang dimuat dalam American Journal of Clinic Nutrition. Pada studi ini peneliti menemukan bahwa minum empat gelas susu rendah lemak dalam sehari dapat menurunkan tekanan darah.

Advertisements
Penyakit Jantung dan Hipertensi Dapat Dicegah dengan Minum Susu | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better