Pendapatan FB Setahun Rp 98 Triliun, Supir Antar Jemput Perusahaan Hanya Digaji Rp 300 Ribuan!

FB

FB menjelma jadi perusahaan super kaya raya, namun supirnya merana. Menurut laman Wikipedia, tahun 2013 lalu, Facebook mampu kantongi pemasukan total USD 7,87 miliar atau senilai Rp 95 triliun. Tapi tahukah Anda jika supir di kantor Facebook hanya digaji Rp 300 ribuan?

Supir yang dimaksud adalah supir bus antar jemput karyawan. Ternyata, Facebook mempraktekkan alih daya untuk beberapa pekerjaan atau outsourcing. Namun, ada perbedaan kesejahteraan yang besar dengan karyawan Facebook yang buat mereka kurang bahagia.

Alhasil, sejumlah supir memilih bergabung ke serikat pekerja Teamster untuk memperjuangkan nasib mereka. Bergabungnya para pengemudi alih daya ini diharapkan membuka peluang untuk memperjuangkan tunjangan dan pemasukan mereka yang lebih baik.

Patut diketahui jika supir bus antar jemput Facebook bekerja di perusahaan Loop Transportation. Mereka diberikan kompensasi USD 17 dan USD 25 per jam. Angka ini setara dengan Rp 204 ribu dan Rp 300 ribuan. Tentu saja gaji mereka cukup kecil.

Rome Aloise dari Teamsters berujar diharapkan jika ini bisa menjadi tren bagi pengemudi perusahaan teknologi lainnya dengan bergabung bersama mereka. Supaya, Teamsters bisa membuat pola agar perusahaan bisa berikan gaji dan tunjangan lebih masuk akal.

Patut diketahui jika rata-rata supir bus antar jemput Facebook hanya bekerja dua shift per hari, pagi dan sore. Ditambah lagi, di sela-sela waktu mereka tidak bekerja, mereka tidak diperkenankan nyambi kerja di tempat lain.

Facebook yang didirikan 10 tahun lalu atau tepatnya 4 Februari 2004 kini miliki kapitalisasi pasar USD 104 miliar atau setara Rp 1.268 triliun. Menjelma jadi perusahaan global raksasa dengan 8 ribuan karyawan di seluruh dunia.

Advertisements
Pendapatan FB Setahun Rp 98 Triliun, Supir Antar Jemput Perusahaan Hanya Digaji Rp 300 Ribuan! | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better