Pemerintah Luncurkan Platform Pendidikan Kuliah Online untuk Wilayah Terpencil

Kuliah

Pada Rabu (15/10) lalu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Wakil Presiden Boediono meluncurkan sebuah platform pendidikan berupa kuliah online yang bernama Kuliah Dalam Jaringan Indonesia Terbuka Terpadu.

Menteri Pendidikan Muhammad Nuh mengatakan kelas online ini miliki goal untuk sediakan pendidikan tinggi di sejumlah wilayah terpencil di Indonesia. Sebab, pendidikan tinggi tidak bisa terakses dan terjangkau akibat kurangnya akomodasi yang merata serta sumber daya memadai di universitas lokal.

Pada tahun lalu muncul laporan yang menyebut kurangnya talenta di Tanah Air khususnya di posisi manajerial akibat belum siapnya sistem pendidikan tinggi guna mengimbangi pertumbuhan ekonomi yang pesat.

Menurut ICEF Monitor, perusahaan internasional yang bergerak pada data pasar pendidikan menyebut jika perusahaan lokal akan hadapi risiko tertinggal kecuali mereka bisa merekrut dan mempertahankan staf yang kompeten.

ICEF Monitor memprediksi jika kekurangan bakat pada posisi manajerial di Indonesia bakan kian memburuk. Apa yang dialkukan pemerintah harus jadi iprioritas utama. Boediono sendiri yakin jika teknologi pendidikan bila berhasil diterapkan di daerah terpencil akan memudahkan perusahaan menemukan pekerja terampil yang mereka butuhkan.

Wakil Presiden Indonesia ini juga luncurkan Data Pokok Pendidikan atau Dapodik, sebuah sistem sistem manajemen data yang dirancang guna menfasilitasi perencanaan, pemantauan, serta evaluasi pembangunan pendidikan lokal.

Advertisements
Pemerintah Luncurkan Platform Pendidikan Kuliah Online untuk Wilayah Terpencil | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better