Park Ji Sung Yakin Pemain Indonesia Bisa Tampil di Eropa

park ji sung zambrotta el sharawy

Salah satu pemain kebanggaan Asia, Park Ji Sung, merasa yakin bahwa semua pemain memiliki kesempatan yang sama untuk bisa tampil di kompetisi Eropa seperti dirinya, termasuk para pesepakbola dari Indonesia. Hal tersebut diungkapkan oleh mantan gelandang Manchester United dan PSV Eindhoven ini saat berada di Malang untuk turut ambil bagian dalam ajang pencarian bakat bertajuk Ayo! Indonesia Bisa Academy 2015.

“Untuk menjadi pesepakbola profesional Anda tidak hanya butuh fisik yang bagus, tapi juga mental yang bagus. Selain menujukan kemampuan yang baik di lapangan, Anda juga harus harus baik di luar lapangan. Anda harus punya tingkah lalu yang baik, tidak merokok, dan tidak mabuk,” papar Park Ji Sung membeberkan tips-nya.

“Semua pemain di mana pun punya kesempatan yang sama. Saya adalah buktinya. Saat ini banyak pemain Asia yang bisa bermain di Eropa, saya yakin suatu saat ada pemain Indonesia yang bisa bermain di Eropa,” lanjut pemain yang juga sempat merumput bersama Queen Park Rangers di Inggris ini.

Meskipun begitu, banyak hal yang harus dipelajari oleh para pemain Asia jika ingin tetap diperhitungkan di persepakbolaan benua biru. “Untuk bisa survive di Eropa, Anda harus memahami perbedaan budaya di sana dan mempelajarinya, karena memang sangat berbeda,” ujar Park Ji Sung.

“Ketika saya bergabung di Manchester United saya tidak merasa ada masalah karena sebelumnya saya pernah di Belanda (bersama PSV Eindhoven). Selama di Belanda, saya mulai belajar bahasa Inggris dan kultur orang Eropa,” pungkas salah satu legenda hidup sepakbola Korea Selatan ini.

Advertisements
Park Ji Sung Yakin Pemain Indonesia Bisa Tampil di Eropa | Olah Raga | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better