Panduan Membeli Laptop Gaming Terbaru Supaya Tidak Salah Pilih

Untuk kebutuhan bermain video game, laptop kini telah menjadi media paling favorit karena berbagai kelebihannya. Selain karena lebih praktis, para produsen laptop gaming terbaru pun selalu berlomba-lomba mengeluarkan inovasi mereka dengan mengusung spesifikasi mumpuni supaya dapat memanjakan para penggunanya.

Bahkan mungkin saat ini penggunaan laptop gaming 2018 sebagai media gaming mulai menyaingi konsol game populer dari perusahaan-perusahaan ternama. Akan tetapi, yang biasanya jadi kendala adalah harga laptop gaming masih tergolong sangat tinggi. Bahkan harganya bisa 10 kali lipat dari laptop biasa yang digunakan untuk bekerja.

Beberapa laptop gaming terbaru ada yang menyentuh harga Rp 40 juta dengan segala keunggulannya. Nah, dengan harga yang semahal itu, tentu kamu pun harus sangat berhati-hati dan cermat saat membeli. Pasalnya, memilih laptop gaming bukan hal yang mudah terutama bagi beberapa orang yang tidak begitu memahami detail spesifikasi laptop.

Maka dari itu, kali ini kita akan membahas hal-hal apa saja yang perlu menjadi bahan pertimbangan saat membeli laptop gaming. Simak ulasannya berikut ini.

Tips Memilih Laptop Gaming Terbaru

Harga Laptop Gaming Murah Notebook Gaming Terbaik

#1. Prosesor

Hal paling pertama yang harus kamu tahu adalah prosesor apa yang akan menjadi otak di dapur pacu laptop. Laptop untuk game berat minimal harus menggunakan Intel i5 atau AMD A10 dan FC series supaya dapat menjalankan game dengan lancar.

Lalu mana yang lebih baik antara Intel dan AMD? Sejauh ini Intel masih unggul tipis atas AMD karena lebih hemat daya dan tidak cepat panas. Nah, buat kamu yang suka bermain game sampai berjam-jam, sebaiknya pilih laptop gaming berprosesor Intel. Akan lebih baik jika yang digunakan adalah Intel i7.

#2. Graphic Processing Unit (GPU)

Graphic Processing Unit (GPU) atau yang sering disebut VGA juga sangat berpengaruh dalam sebuah laptop gaming. Pasalnya, komponen inilah yang berfungsi untuk menampilkan grafis berkualitas tinggi.

Adapun GPU minimum yang direkomendasikan untuk laptop gaming terbaru saat ini adalah nVidia GeForce GTX series, minimal GT840. Sedangkan untuk GPU AMD minimal harus R7 atau R9 series. Jika laptop yang kamu pilih menggunakan GPU yang standarnya masih di bawah itu, maka jangan berharap banyak saat memainkan game dengan grafis tinggi.

Yang perlu kamu ketahui untuk membedakan kualitas GPU adalah dari chipset-nya. Inilah yang akan menentukan apakah tampilan grafis yang muncul tampak halus dan luwes atau tidak. Sedangkan kapasitas memori GPU kurang berpengaruh dalam hal ini.

#3. RAM

Pertimbangan ketiga saat memilih laptop gaming terbaik 2018 adalah RAM. Fungsi utama komponen ini adalah sebagai penyimpanan data sementara ketika kamu menjalankan game. Pilihlah laptop dengan RAM yang besar, karena makin besar kapasitasnya maka akan makin bagus pula kinerja laptop tersebut.

Dengan RAM 2 GB saja sebenarnya kamu sudah bisa menjalankan game kelas ringan. Tetapi laptop gaming seharusnya mempunyai RAM yang lebih besar, minimal 4 GB untuk game kelas menengah atau 8 GB untuk game kelas berat.

Selain dari kapasitas, kamu juga harus tahu jenis-jenis RAM untuk laptop. Minimal carilah laptop gaming yang sudah menggunakan RAM DDR3. Namun akan lebih baik lagi jika tipenya adalah DDR4. Lalu pertimbangkan juga apakah sebuah laptop memiliki satu slot RAM tambahan untuk meningkatkan kapasitasnya.

#4. Penyimpanan

Besarnya game yang akan kamu pasang di laptop akan tersimpan di Hard Disk Drive. Jika ingin laptopmu tidak mudah penuh, maka pilih laptop yang kapasitas penyimpanannya setidaknya 1 TB. Alasannya karena saat ini game-game terbaru membutuhkan ruang yang besar saat menginstal maupun menyimpan data-data game.

Kecepatan HDD minimum yang direkomendasikan untuk laptop gaming terbaru adalah 5.400 RPM. Namun saat ini ada pula penyimpanan yang bisa memproses data lebih cepat bernama Solid State Drive (SSD). Kecepatan SSD umumnya dua kali lebih cepat dari HDD, namun sejauh ini masih jarang laptop yang menggunakan SSD berkapasitas besar.

#5. Baterai

Menghubungkan kabel charger laptop secara terus menerus selama bermain game tentu bisa berdampak buruk pada laptop kamu. Nah, supaya hal tersebut tidak terjadi, maka solusinya adalah memilih laptop dengan kapasitas baterai yang besar. Sebab, saat bermain game setidaknya kamu pasti akan menghabiskan waktu antara 2-3 jam atau bahkan lebih.

Selain itu ketahui juga apakah laptop memiliki sistem pendinginan untuk membuat kinerja baterai lebih optimal dan tidak cepat panas.

#6. Layar

Ketajaman gambar bukan hanya dipengaruhi oleh GPU atau VGA saja, tetapi juga kualitas layarnya. Kecerahan warna yang pas akan membuat mata nyaman saat menatap layar sehingga bisa para gamer betah berlama-lama. Nah, standar resolusi layar untuk laptop gaming adalah Full HD 1920 x 1080 piksel, walaupun sebenarnya resolusi 1366 x 768 piksel sudah layak untuk memainkan game berat sekalipun.

Tetapi yang perlu kamu tahu adalah makin tinggi resolusi dan Full HD, maka detail grafis bisa muncul secara sempurna. Sementara untuk ukuran layarnya kamu bisa memilih sesuai selera atau kebutuhan. Ukuran 15 inci termasuk sangat minimal untuk sebuah laptop gaming.

#7. Audio

Kekurangan dari beberapa jenis laptop gaming adalah audio yang dihasilkan terdengar cempreng. Tentu saja hal ini akan kurang mendukung atmosfer game. Kamu pun harus mengakalinya dengan memasang subwoofer, speaker eksternal atau headphone. Namun untuk urusan audio, kamu mungkin harus melirik jajaran laptop gaming keluaran Asus, yang selalu membawa Republic of Gamers Audio Wizards.

#8. Keyboard

Kamu pasti tahu bahwa keyboard gaming dibanderol dengan harga yang jauh lebih mahal ketimbang keyboard pada umumnya. Kalau harga laptopnya sudah mahal, rasa-rasanya akan terlalu boros jika kamu juga masih harus membeli keyboard eksternal. Jadi, pastikan laptop gaming yang kamu pilih memiliki fitur keyboard yang friendly untuk bermain game, termasuk adanya backlight.

Jangan salah, fitur backlight ini bukan hanya sebagai hiasan saja dalam sebuah laptop gaming. Akan tetapi lampu yang muncul di sela-sela setiap tombol papan ketik ini dapat menerangi kamu saat bermain game di tempat yang pencahayaannya kurang.

#9. Jumlah Port

Seberapa penting memperhatikan jumlah port pada laptop? Sangat penting jika sering menggunakan perangkat tambahan seperti joystick atau layar besar. Laptop gaming baru setidaknya harus punya setidaknya 3 port USB 3.0 dan 1 port HDMI.

#10. Garansi

Setelah semua kriteria sudah cocok dan kamu sudah menemukan laptop yang ingin kamu beli, hal terakhir yang harus kamu tanyakan kepada penjual adalah garansi. Pastikan laptop kamu digaransi minimal satu tahun untuk penggantian spare parts dan service. Bahkan sebenarnya beberapa laptop gaming dengan spesifikasi tinggi dan berharga mahal berani memberi garansi sampai dengan dua tahun.

Adanya garansi sangatlah penting, terutama untuk mengatasi hal-hal di luar dugaan yang mungkin dapat terjadi selama masa garansi tersebut.

Demikian panduan memilih laptop gaming terbaru. Performa laptop tetaplah nomor satu untuk para gamers dan harga sebenarnya tidak jadi masalah. Yang terpenting adalah kamu bisa membedakan kualitas laptop yang satu dengan lainnya menggunakan panduan yang tadi dijelaskan. Nah, untuk mendapatkan laptop gaming berkualitas dengan harga terbaik kamu bisa belanja di Bhinneka.com!

Advertisements
Panduan Membeli Laptop Gaming Terbaru Supaya Tidak Salah Pilih | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better