Pakai Eyeliner Terlalu Dalam Bisa Bikin Mata Terkontaminasi

eyeliner 2

Penggunaan eyeliner bisa membahayakan untuk mata. Jika kosmetik ini dipakai hingga pada kelopak mata bagian dalam, dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko kontaminasi bahan-bahan kimia pada eyeliner tersebut pada mata.

Risiko ini meningkatkan saat pemakaian eyeliner dibarengi dengan penggunaan lensa kontak. Bahan aktif yang terkandung dalam eyeliner bisa tejebak di dalam lensa kontak. Sementara itu, jika tidak memakai lensa kontak, bahan dari kosmetik ini menempel di lapisan mata. Hal ini cukup membahayakan kesehatan indera penglihatan.

“Kami ingin melihat bagaimana cara eyeliner bisa berpindah ke dalam lapisan air mata ketika diaplikasikan dengan dua cara: di dalam garis bulu mata dan di luar garis bulu mata,” kata peneliti Alison Ng dari University of Waterloo di Kanada, seperti Detik dari Reuters.

Dalam studi, peneliti mengamati wanita berusia 26-30 tahun untuk menjadi objek pengamatan. Mereka dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diminta menggunakan eyeliner pada garis bulu mata. Kelompok lain memakainya di luar garis bulu mata. Saat menggunakan eyeliner, mereka direkam pada sebuah video. Lalu, peneliti mencarai partikel bahan dari eyeliner yang masuk mata.

Dari situ ditemukan, pemakaian eyeliner di garis bulu mata sebelah dalam terdapat 15-30 residu partikel bahan lebih banyak dibanding pemakaian pada bulu mata luar. Jumlah residu makin banyak jika penerapannya makin kea rah dalam mata. Efek samping bagi kesehatan yaitu dapat menurunkan kualitas pandangan mata pada pemakai lensa kotak, atau secara umum menimbulkan iritasi

Advertisements
Pakai Eyeliner Terlalu Dalam Bisa Bikin Mata Terkontaminasi | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better