Onno W Purbo Kritik Program Internet Gratis dari Internet.org

Onno Widodo Purbo

Mark Zuckerberg datang ke Indonesia bukan hanya sekadar ‘jalan-jalan’ semata. Ia membawa misi untuk hadirkan internet gratis di sejumlah kawasan penjuru dunia melalui kampanye Internet.org. Onno W Purbo berikan kritik atas layanan tersebut. Apa dan bagaimana masukan dari bakal calon Menkominfo itu?

Presiden Indonesia terpilih Joko Widodo sebelumnya masih meninbang-nimbang tawaran dari Zuckerberg. Ia lakukan kalkulasi sebab ‘tidak ada makan siang gratis.’ Candanya pada pewarta.

Sementara Onno W Purbo sendiri mengaku mendukung penyebarluasan akses internet di Indonesia melalui Internet.org. Namun, sebaiknya upaya tersebut melibatkan seluruh operator dan penyedia jasa layanan internet serta masyatakat.

Ada empat poin yang jadi masukan Onno W Purbo pada program internet gratis dari Internet.org:

  1. Internet.org seharusnya tak hanya mengajak XL sebagai mitra, tetapi seluruh operator dan ISP
  2. Jangan sampai user jadi objek iklan pop up dari operator karena mau kasih akses internet gratis
  3. Internet.org perlu menggandeng gerakan masyarakat (akar rumput) sebab sasaran utama program mereka juga adalah masyarakat paling bawah
  4. Juga perlu diwaspadai apakah internet gratis itu hanya ke beberapa website tertentu atau bisa akses ke semua website

Mitra Onno di Onno Center, Dedi Yudiant mengatakan jika hanya ditunggangi satu produk asing maka sama saja dengan dijajah asing secara maya. Jadi, dapat internet tapi harus pakai produk asing. Menurutnya, justru yang harus diberi kesempatan pemerintah adalah SDM lokal dan produk lokal.

“Pemerintah dengan National Broadband Plan berdayakan SDM lokal dan produk lokal, seperti membuat toko online buat daerah daripada membuka jejaring sosial yang cukup banyak negatifnya kalau ditelaah lebih lanjut,” imbuhnya.

Advertisements
Onno W Purbo Kritik Program Internet Gratis dari Internet.org | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better