Nyeri Wasir Bisa Dikurangi dengan Merendam Bokong

WC help

Wasir atau ambeien yang menyerang lubang anus sangat menyiksa. Ketika pembuluh darah anus meradang, rasa nyerinya tidak tertahankan. Pada kondisi darah bahkan dapat menimbulkan pendarahan. Ketika ambeien meradang, ada baiknya segera dikurangi ketegangan otor di area tersebut. Salah satu caranya adalah merendam bokong ke dalam air hangat. Cukup siapkan ember berisi air hangat, dan masukkan bokong ke dalamnya.

Fungsi air hangat ini untuk memberikan rasa rileks bagi otot-otot di anus. Dengan begitu nantinya pembengkakan akan berkurang yang berujung dengan menurunnya rasa nyeri. Selain itu, baiknya juga ditambahkan cairan antiseptik di dalam air hangat rendaman agar tercipta pula kondisi lebih higienis di anus.

“Diteteskan dengan cairan antiseptik, rendam selama 15-30 menit. Menggunakan antiseptik untuk membersihkan kuman-kuman di sekitar anus,” kata dr Panondang Panggabean SpB, seperti dikutip Detik Health.

Agar penyusutan pembengkakan berjalan efektif, perendamam bokong yang memiliki wasir sebaiknya dilakukan dua kali sehari pada pagi dan sebelum tidur malam. Untuk wasir dengan keadaan derajat 1 dan 2 yang memungkinkan keluarnya pembuluh darah dari lubang anus, cara ini bisa membuatnya masuk kembali. Namun perlu dipahami, terapi perendaman ini sifat efeknya hanya sementara.

“Ini sifatnya sementara saja tapi sangat membantu untuk meredakan nyeri. Tapi kalau memang sudah parah ya harus dioperasi mau nggak mau,” tutur dr Panondang.

Advertisements
Nyeri Wasir Bisa Dikurangi dengan Merendam Bokong | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better