Nikmati Pesona Pulau Jemur yang Alami Tanpa Penghuni

pulau jemur

Belum banyak orang yang tahu tentang Pulau Jemur. Pulau ini terletak di Selat Malakan yang memiliki batasan langsung dengan Malaysia. Saat ini Pulau Jemur tidak berpenghuni dan sering dijadikan tempat persinggahan nelayan dan lokasi pemantauan maupun navigasi untuk TNI AL. Ada sebuah pos TNI AL di sana.

Meski begitu, di Pulau Jemur memiliki keindahan alam yang mempesona. Wisatawan yang datang ke sana dapat pula melihat berbagai peninggalan semasa zaman penjajahan. Di pulau tersebut tedapat Goa Jepang, mercusuar, hingga berbagai peninggalan pasukan dari Negeri Matahari Terbit itu.

Keindahan alam terlihat dari pantainya. Jenis pasirnya berwarna kuning emas. Taman laut bawah airnya asik dijalajahi dengan snorkeling atau pun diving. Biota laut masih terjaga dan alami. Campur tangan manusia yang kerap merusak lingkungan juga tidak ditemui..

Di Pulau Jemur telah dibangun jembatan apung agar wisatawan mudah untuk mengunjunginya. Sebelum ada jembatan ini, untuk ke Pulau Jemur harus melihat pergerakan pasang suurut air laut. Pulau ini juga terbilang lebih aman dari terjangan ombak besar. Penyebabnya, gelombang tinggi air laut akan diredam oleh beberapa pulau kecil lain yang mengelilingi Pulua Jemur. Air di sekitar Pulau Jemur justru tenang sehingga menjadi labuhan nelayan yang bertemu dengan ombak besar, terutama saat musim angin barat laut.

Pulau Jemur berjarak sekitar 72,4 kilometer dari Bagansiapiapi yang merupakan ibukota Kabupaten Rokan Hilir. Jika dari Pelabhan Klang di Malaysia jaraknya hanya 64,3 kilometer. Pulau Jemur adalah salah satu pulau dari gugusan pulau di Kepulauan Arwah. Jika sedang di Provinsi Riau, sempatkan mampir di pulaiu ini.

Advertisements
Nikmati Pesona Pulau Jemur yang Alami Tanpa Penghuni | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better